9 Tips Rumah Aman Ditinggal Mudik Lebaran

Pengen donk mudik tenang dan nyaman? Yuk simak tipsnya.

0
103
Tips Rumah Amah Ditinggal Mudik
Tips Rumah Amah Ditinggal Mudik

DimasBagus.com – Mudik atau merayakan idul fitri di kampung halaman adalah momen yang paling dinanti. Kegiatan ini sudah menjadi tradisi setiap orang untuk menyambut lebaran bersama keluarga tercinta. Meninggalkan rumah untuk pulang kampung rasanya tidak cukup jika cuma 1 atau 2 hari dan pasti memakan waktu yang lama. Lalu, amankah rumah kita? Berikut tips rumah aman ditinggal mudik lebaran.

Nyaman Mudik Lebaran
Nyaman Mudik Lebaran

Rumah yang ditinggal saat mudik umumnya kosong penghuni, pembantu pun juga akan pulang ke kampung halaman. Tentunya ini akan membuat kita was-was dan kepikiran rumah beserta seisinya. Apalagi kebetulan jika tetangga rumah pun rata-rata juga mudik. Agar tenang yuk simak tips aman meninggalkan rumah berikut inii.

1. Pagar Rumah

Pagar rumah merupakan akses pertama siapapun orang yang hendak masuk ke rumah. Pastikan pagar rumah terkunci dengan gembok yang kuat. Pilihlah gembok yang tidak mudah diputus, dicongkel ataupun dilelehkan dengan bahan kimia tertentu. Biasanya harga gembok yang seperti ini agak lebih mahal. Namun, jika dibandingkan dengan isi rumah Anda yang nilainya melebihi harga gembok? Itu pilihan Anda.

2. Kunci Pintu

Pintu merupakan lapis ke dua untuk orang dapat masuk ke dalam rumah Anda. Karena pintu ini biasanya lebih dari satu, maka periksalah satu per satu. Pastikan tidak ada yang terlupa untuk dikunci. Misal, pintu utama, pintu garasi dan pintu belakang. Kuncilah pintu hingga putaran kunci yang terakhir atau paling dalam. Ini cukup untuk membuat pintu lebih aman jika ada yang berniat menjebolnya. Kemudian gunakan juga kunci ganda seperti slot. Bisa gunakan kunci slot dengan bahan yang tebal dan kuat agar tidak mudah didobrak.

Baca juga:  5 Pot Tanaman Unik yang Bisa Diaplikasikan di Rumah Anda

3.  Jendela

Jendela rumah yang bisa dibuka juga bisa digunakan orang untuk akses masuk ke dalam rumah. Apalagi jendela tersebut tidak memiliki teralis atau besi pengaman. Ini akan sangat riskan sekali. Periksa dan kunci setiap jendela, kemudian pasanglah teralis agar tidak menjadi akses masuk lain selain pintu.

4. Lampu

Saat rumah ditinggal mudik, tentunya akan sayang apabila lampu-lampu rumah dibiarkan terus menyala dalam waktu yang lama. Tentukan mana lampu yang paling diutamakan saja jika memang ingin membiarkannya menyala terus menerus.

Untuk lampu pada ruang dalam rumah seperti gudang, kamar tidur, kamar mandi dan dapur mungkin bisa dibiarkan mati tidak menyala. Sedangkan untuk lampu teras dan garasi ini sebaiknya menyala. Karena akan tidak aman bila malam hari rumah terlihat gelap.

5. Barang Berharga

Barang berharga seperti perhiasan, laptop dan uang tabungan sebaiknya disimpan di kotak yang aman. Jika punya brankas, bisa gunakan brankas tersebut untuk tempat penyimpanan barang-barang berharga dan sembunyikan di tempat yang tak mudah ditemukan. Jika tidak ada brankas, bisa gunakan kotak apapun yang tidak terlihat mencolok lalu sembunyikan di tempat yang sulit terjangkau.

Baca juga:  Jual Rumah Cluster di BSD | Cluster Bale Padi

6. Kendaraan Bermotor

Jika Anda memiliki kendaraan yang ditinggal saat mudik. Kuncilah kendaraan tersebut dengan kunci ganda. Jangan Anda langsung merasa aman karena sudah ada di dalam rumah, alangkah baiknya jika di kunci ganda bukan? Setelah di kunci ganda, simpanlah kunci tersebut di tempat yang aman. Jangan biarkan kunci tergeletak di meja atau digantung di tempat yang mudah terlihat.

7. Gunakan CCTV

Selain kita mendapatkan rekaman aktivitas yang terjadi di sekitar rumah, CCTV juga bermanfaat untuk membuat orang asing yang berniat jahat berpikir berkali-kali ketika melihat rumah yang terpasang CCTV.

Saat ini banyak CCTV yang dijual murah, Anda bisa mencarinya di online shop. Namun, jika menurut Anda kurang perlu, mungkin Anda bisa menggunakan dummy CCTV. Dummy CCTV adalah replika CCTV yang bentuknya mirip dan sama persis dengan kamera CCTV. Barang ini murah meriah dan mudah dipasang, tinggal beli dan tempel. Setidaknya orang asing mengira itu adalah CCTV asli.

Baca juga:  Kompetisi Lego Berhadiah Kencan dengan Bintang Film Porno

8. Rumah Rawan Banjir

Banjir adalah momok yang menyebalkan dan membuat was was setiap orang. Apalagi saat rumah ditinggal mudik dalam waktu yang lama. Bagaimana jadinya nanti apabila datang banjir? Semoga tidak ya.

Untuk mengantisipasi banjir di rumah saat mudik, yang perlu diperhatikan adalah barang-barang mudah rusak dan hancur serta kelistrikan. Untuk barang-barang seperti sofa, sepatu, komputer, mesin cuci, kulkas, dispenser dan kasur.

Ada baiknya posisi barang-barang tersebut diubah posisinya, yaitu bisa ditinggikan dengan diberikan dudukan tambahan atau dipindah ke tempat yang lebih tinggi. Lalu untuk kelistrikan seperti kabel roll yang tergeletak di lantai juga sebaiknya dicopot dari stop kontak dan digulung.

9. Titipkan Pada Ketua RT dan Tetangga

Untuk melengkapi rasa nyaman saat mudik ke luar kota dalam waktu lama, Anda sebaiknya menitipkan kepada ketua RT dan tetangga. Tentunya mereka yang tidak mudik dan tetap tinggal di rumah. Kita bisa minta tolong seperti “Pak/Bu titip rumah ya, saya mudik dulu”. Dengan seperti itu, maka tetangga akan lebih tahu dan peduli bila ada sesuatu yang mencurigakan pada rumah kita.

Itulah tips rumah aman ditinggal saat mudik. Semoga bermanfaat, beri rate, comment dan share artikel ini jika kalian suka. Selamat mudik dan terima kasih :thumbup