Hadiri Sidang Cebongan, Komnas HAM Disoraki Pendukung Kopassus

0
34
Kopassus
Kopassus

Ketua Komnas HAM Siti Noor Laila disoraki massa pendukung Kopassus di depan Pengadilan Militer II-12. Siti saat itu hendak menyaksikan  sidang kasus penyerangan empat tahanan di Lapas Cebongan dengan terdakwa 12 anggota Kopassus. Ketua Komnas HAM, Siti  Noor Laila
Noor Laila disoraki saat memasuki gedung Pengadilan Militer. “Komnas HAM Pengkhianat Rakyat, “Komnas HAM Bubarkan Saja”. Sementara massa lain berteriak, “Hidup Kopassus” dari di luar ruang sidang.

Ratusan petugas yang berada di halaman Pangadilan Militer yang berjaga terlihat tidak dapat berbuat banyak untuk menghentikan hujatan yang ditujukan kepada Ketua Komnas HAM. Namun situasi tetap kondusif dan tidak terjadi keributan.

Baca juga:  Kendaraan Tempur TNI AD di Hari Juang Kartika Ke 69 2014 di Monas

Puncak emosi ratusan orang yang berasal dari elemen masyarakat Yogyakarta pendukung Kopassus terjadi saat Ketua Komnas HAM meninggalkan Gedung Pengadilan Militer. Puluhan orang kembali meneriaki alumni UII Yogyakarta dengan kata-kata yang sama.

Dari pantuan VIVAnews, Siti Noor Laila hanya tersenyum mendengar hujatan yang dialamatkan kepada dirinya. Dia kemudian pergi meninggalkan Pengadilan Militer dengan pengawalan ketat aparat kepolisian dan TNI.

Meski dikawal petugas, seorang warga sempat menghalangi laju kendaraan Noor Laila dan memukul kaca spion mobil itu. Polisi yang melakukan pengawalan mendatangi pelaku dan menjauhkannya dari mobil yang membawa Noor Laila.

Baca juga:  Helikopter Eurocopter Tiger H61 Indonesia, Heli Serbu Baru TNI

Komnas HAM sebelumnya menyampaikan bahwa Gubernur DIY dan Bupati Sleman, Sri Purnomo harus bertanggung jawab atas kejadian penyerangan di lapas Cebongan yang menyebabkan 4 tahanan titipan Polda DIY tewas.

Pernyataan Komnas HAM saat proses penyelidikan kasus Cebongan yang cenderung menyudutkan Kopassus dianggap pemicu kekesalan warga.

Noor Laila yang dimintai keterangan mengaku tak mempermasalahkan teriakan warga. Menurutnya, dengan pendukung terdakwa yang banyak seperti saat ini, dikhawatirkan akan ada intimidasi terhdap saksi-saksi yang akan dihadirkan di persidangan.

Baca juga:  Liliyana/Tontowi Sukses Menyabet Medali Emas di Kejuaraan Dunia 2013

“Tidak masalah, tapi yang harus dipikirkan saat persidangan yang menghadirkan saksi-saksi. Kondisi hari ini membuat Komnas HAM tidak merekomendasikan saksi hadir,” katanya.

Admin Web : Saya juga turut memberikan dukungan moral kepada Kopassus, terutama kepada para tersangka Kopassus, biar bagaimanapun, mereka adalah para pajrurit yang berani dengan tegas melawan premanisme. Hidup KOPASSUS !!!

Sumber : http://nasional.news.viva.co.id/news/read/422379-hadiri-sidang-cebongan–komnas-ham-disoraki-pendukung-kopassus/1371717368