Benarkah Jumlah Kapal Selam Indonesia Ada 12?

0
486
Jumlah Kapal Selam Indonesia KRI Cakra 401 - Okezone
Jumlah Kapal Selam Indonesia KRI Cakra 401 - Okezone

DimasBagus.com – Angkatan Laut saat ini memiliki sebanyak 12 unit. tersebut, diparkir di wilayah Surabaya, Jawa Timur. Benarkah jumlah tersebut ada 12? Berikut penuturannya.

“Kita memang ada 12 kapal (selam), basenya di Surabaya, karena perkembangan kita bagi kita menaruhnya di wilayah yang layak buat menaruh kapal selam,” ujar KSAL Laksamana Ade Supandi di markas Brigif Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (5/4/2016) oleh Okezone.com.

Ade menambahkan, pihaknya juga tengah mengembangkan Lantamal untuk tempat penyimpanan kapal selam. Namun, ia enggan merinci tempat sekaligus nominal yang digunakan untuk membangun tempat tersebut. (Baca Juga: TNI AL Kembangkan Lantamal)

“Kita kembangkan kita simpan dimana itu kapal selam. Saya sebenernya gak tahu, rupiahnya saya enggak tahu. Tapi kalau kapalnya, ya kita cari dulu pangkalannya,” imbuhnya.

Meski demikian, Ade memastikan jika memerlukan pangkalan pendukung guna menunjang pangkalan yang sudah ada.

“Terus buat pangkalan harus ada pangkalan pendukung,” tukasnya.

Jika memang benar, bukankah data tersebut harus dirahasiakan? Tapi, kenapa KSAL membeberkannya? Apakah kelepasan? Ataukah dari reporter yang kurang mencerna? Biarlah ini semua menjadi kebingungan kita.

Baca juga:  7 Fakta Menarik Brasil Melawan Kroasia
Jumlah Kapal Selam TNI AL
TNI AL

Sumber telah merevisi artikel diatas dengan menambah kata “memproyeksikan”. Dibawah ini screenshotnya.

Proyeksi Jumlah Kapal Selam TNI AL
Proyeksi Jumlah

Berarti TNI AL masih baru punya 3 kapal selam ya, bukan 12. 12 itu jumlah yang diproyeksikan.

Sumber: Okezone.com