VIDEO : Ditemukan di Indonesia, Spesies Hiu Bisa “Jalan”

3
63
Hiu Bambu
Hiu Bambu

Indonesia bak surga yang nyaman bagi spesies hewan unik. Terbukti, baru-baru ini kelompok konservasi lingkungan hidup menemukan spesies hiu yang bisa “berjalan” di dasar laut dengan menggunakan sirip yang berfungsi sebagai kaki.

Spesies ikan unik ini ditemukan di kawasan perairan timur Indonesia, dilansir laman Phys.org, 3 September 2013.

Menurut Kelompok Conservation International, hiu berjenis Hemiscyllium henryi atau hiu bambu coklat dan putih ditemukan saat berjalan di sepanjang laut bersama ikan-ikan kecil pada malam hari.

Baca juga:  Iklan ASUS Zenfone 6 yang Meledek iPhone 6 Plus

“Hiu bambu memiliki panjang tubuh maksimum hanya sekitar 30 inci, atau setara 80 cm. Ikan ini ditemukan di Halmahera, salah satu Kepulauan Maluku di Indonesia,” kata salah satu peneliti.

Hiu yang diklaim tidak berbahaya bagi manusia ini mempunyai ekor yang sangat panjang dan besar, melebihi panjang tubuhnya. Menurut data-data, hiu bambu biasa ditemukan di perairan tropis, seperti Indonesia, Australia, dan Papua Nugini.

Baca juga:  Update Terbaru Tinder Bikin Lebih Cepat 'Match' Cari Pasangan

Kelompok Conservation International mengatakan, penemuan hiu yang bisa berjalan ini baru pertama kali di Indonesia dan sudah diterbitkan di Jurnal International of Ichthyology. Tujuannya untuk menarik para wisatawan menyelam di perairan Indonesia.

Menurut Ketut Sarjana Putra, Direktur Kelompok Conservation International untuk Indonesia, hiu bambu coklat bisa menjadi “duta pariwisata” yang ampuh untuk menarik minat wisatawan melancong ke Tanah Air.

“Apalagi hiu ini sangat unik, bisa berjalan di atas karang, dan tidak berbahaya bagi manusia. Hiu ini layak mendapat konservasi untuk menjaga kelestariannya,” kata Ketut.

Baca juga:  Heboh! Ditemukan Kerangka Dinosaurus di Bantul

Conservation International menemukan hiu bersama-sama dengan peneliti-peneliti dari Western Australian Museum, Australia.

“Penemuan hiu bambu di waktu yang tepat. Saat ini, Indonesia sudah berkomitmen untuk meningkatkan upaya untuk melindungi spesies pari dan hiu,” tutup Ketut.

Sumber : http://teknologi..viva.co.id//read/441219-–ditemukan-di-indonesia–spesies-hiu-bisa–jalan-

http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/441219-video–ditemukan-di-indonesia–spesies-hiu-bisa–jalan-

Comments