24.6 C
Jakarta
Wednesday, July 17, 2019
Home Life Health + Sex Ini Alasan Kenapa Lebih Baik Tidak Masuk Kerja Saat Pilek dan Flu

Ini Alasan Kenapa Lebih Baik Tidak Masuk Kerja Saat Pilek dan Flu

Jika tetap nekat masuk, maka Anda turut berperan menyebarkan virus penyakit

DimasBagus.com – Saat terkena flu atau sakit kepala, banyak orang memutuskan untuk tetap bekerja. Mereka menganggap bahwa penyakit itu akan sembuh sendiri apabila cukup istirahat. Namun, seorang ahli penyakit menular mengatakan bahwa sebaiknya Anda perlu berpikir dua kal dan lebih baik tidak masuk kerja saat pilek, sakit flu atau batuk.

“Saya melihat banyak pasien yang pekerjaan dan stresnya membuat mereka bingung antara istirahat di rumah dan pergi ke kantor ketika mereka sakit,” kata Dr Robin Wigmore yang merupakan dokter perawatan primer dan spesialis penyakit menular di Beth Israel Deaconess Medical Center di Boston.

Namun, menurutnya, infeksi virus seperti pilek dan flu biasa menular. Penting untuk mempertimbangkan kesehatan rekan kerja yang lain. Untuk membuat keputusan, pertama pertimbangkan berapa lama Anda merasa sakit.

“Seorang paling mudah menularkan penyakit dalam 48 jam pertama mereka sakit karena virus,” Wigmore menjelaskan.

Ini artinya bahwa sebaiknya Anda tetap berada di rumah saat gejala pertama muncul. Itu akan menghindari penyebaran penyakit dan memungkinkan Anda untuk beristirahat. Namun, tetap konsumsi air yang cukup dan jaga diri.

Kemudian, tanyakan pada diri sendiri apakah gejala itu menular. Virus dapat ditularkan melalui udara dengan batuk atau bersin, dan beberapa kuman flu dan pilek dapat bertahan hidup di permukaan seperti meja, gagang pintu dan telepon hingga 24 jam.

“Sebagai aturan umum, jika Anda mengalami batuk basah, pilek, demam atau sakit, Anda mungkin harus tinggal di rumah,” saran Wigmore.

Jika Anda mengalami pilek tanpa rasa sakit atau demam, Anda mungkin menderita alergi. Jenis batuk atau rasa gatal dan kering, juga dapat menyebabkan alergi atau iritasi. Dalam hal ini, Wigmore mengatakan tidak apa-apa untuk pergi bekerja.

“Tetapi jika pilek Anda disertai dengan lendir yang tebal, kuning atau hijau, ini merupakan indikasi bahwa tubuh Anda melawan penyakit. Dalam hal ini, kamu harus tinggal di rumah,” kata Wigmore.

Tetap di rumah dan hubungi dokter jika tenggorokan terasa sakit, termasuk sakit kepala, dan/atau Anda melihat bercak putih pada amandel Anda. Ini bisa jadi radang tenggorokan.

Jika suhu lebih tinggi dari 38 derajat Celsius, itu pertanda kuat infeksi dan mungkin flu. Dalam hal ini, ia menyarankan untuk memanggil dokter dan tetap di rumah.

Selain itu, hidung tersumbat dengan sinus atau nyeri wajah menunjukkan infeksi sinus. Infeksi sinus dapat berupa virus atau bakteri. Infeksi sinus virus juga sering kali menular.

“Bagaimana pun, yang terbaik adalah tinggal di rumah,” tambah Wigmore.

Artikel ini sudah pernah tayang di VIVA.co.id pada (20/02/2019) dengan judul “Jangan Nekad Ngantor saat Pilek dan Flu, Ini Alasannya”.

Jika Hari Ini Pemilihan Presiden 2019, Anda Pilih Siapa?
  • Prabowo Subianto & Sandiaga Uno 50%, 124 votes
    124 votes 50%
    124 votes - 50% of all votes
  • Joko Widodo & Ma'Ruf Amin 50%, 122 votes
    122 votes 50%
    122 votes - 50% of all votes
Total Votes: 246
13/08/2018 - 26/04/2019
Voting is closed

Must Read

Manfaat Bawang Hitam Tunggal

10 Manfaat Bawang Hitam Tunggal yang Luar Biasa!

DimasBagus.com - Apakah Anda pernah mendengar bawang hitam? Bawang hitam adalah bawang yang memiliki banyak manfaat penting bagi tubuh. Manfaat bawang hitam sangat baik...