6 Makanan Penambah HB Yang Efektif Dan Mudah Didapatkan

Menormalkan kadar HB dengan konsumsi makanan yang bergizi

0
45
Makanan Penambah HB yang Efektif dan Mudah Didapat
Makanan Penambah HB yang Efektif dan Mudah Didapat

DimasBagus.com – Kekurangan kadar hemoglobin (HB) ditandai dengan pusing, sesak napas, detak jantung mendadak tidak beraturan, dan kulit memucat. Selain berkonsultasi dengan dokter, Anda juga bisa mengonsumsi beberapa makanan penambah HB.

Beberapa makanan tersebut terdiri dari jenis sayuran, ikan, buah hingga daging. Alasannya, makanan tersebut kaya akan zat besi, vitamin B12, dan asam folat.

Berikut enam bahan makanan yang direkomendasikan bagi penderita HB rendah.

1. Daging Merah

Kekurangan hemoglobin dapat diatasi dengan rutin mengonsumsi daging merah tanpa lemak. Kandungan zat besi yang dimiliki sekitar 2,1 mg untuk setiap 85 gram sehingga dapat dijadikan makanan penambah HB yang efektif.

Jenis daging yang dapat dipilih antara lain daging sapi, daging domba, dan daging kambing. Anda bisa mengolahnya dengan cara dibuat steak. Daging merah juga kaya akan asam folat efektif mencegah anemia.

2. Telur

Kandungan zat besi juga bisa didapat dari telur yang jumlahnya sekitar 1,2 mg per 100 gram untuk telur ayam biasa.

Sedangkan telur puyuh memiliki kadar zat besi lebih tinggi yakni 3,7 mg. Alternatif lain adalah cukup mengonsumsi bagian kuning telurnya saja yang mengandung sekitar 2,7 mg zat besi.

3. Seafood

Pencinta seafood selamat berbahagia karena makanan ini dapat meningkatkan kadar hemoglobin. Pada cumi-cumi, misalnya, kandungan zat besi untuk setiap 100 gram sekitar 1 mg.

Sedangkan pada kerang-kerangan berjumlah 0,5 mg. Selanjutnya jenis teripang mengandung sekitar 1 mg dan kepiting sebanyak 0,8 mg zat besi. Kandungan lain yang mendukung adalah vitamin B12.

4. Buah Delima

Buah yang juga berwarna merah ini ternyata bisa membantu menambah sel darah merah berkat kandungan zat besi, kalsium, dan karbohidratnya. Dengan adanya pasokan HB tambahan, maka gejala anemia pun dapat teratasi.

Anda bisa mengonsumsi buah delima secara harian dengan dimakan langsung atau dibuat menjadi jus hingga kadar HB kembali normal.

5. Biji Labu

Ukurannya kecil namun manfaatnya besar merupakan deskripsi yang pas untuk biji labu. Sebab, per 100 gram biji labu mengandung sekitar 0,9 gram zat besi.

Anda dapat mengonsumsi biji labu dengan cara menjadikannya sebagai topping salad atau smoothie. Selain itu, bisa juga menambahkannya pada sop buah seperti halnya selasih.

6. Ikan Kembung

Apabila bosan mengonsumsi daging, Anda bisa menambahkan ikan kembung dalam daftar makanan. Kandungan zat besinya cukup tinggi yaitu sekitar 1,7 mg untuk setiap 100 gram.

Anda bisa menyantapnya bersamaan dengan nasi coklat yang mengandung zat besi sebesar 0,4 mg. Kandungan menyehatkan lainnya adalah asam lemak omega 3 yang bagus menurunkan resiko penyakit kronis.

Selama usaha menormalkan kembali kadar HB, Anda bisa mengkombinasikan bahan makanan tersebut atau mengonsumsinya secara bergantian agar tidak bosan.

Kadar HB normal yang menjadi tujuan adalah minimal 13,5 hingga 17,5 g/dL untuk pria. Sedangkan untuk wanita bekisar 12,5 hingga 15,5 g/dL. Anda juga harus menyeimbangkan dengan konsisten menerapkan gaya hidup sehat.

Itulah enam makanan penambah HB yang efektif dan mudah didapat.

Jasa Backlink SEO