Detik-detik Jelang Jokowi Deklarasi Capres di Rumah si Pitung

0
20
Jokowi - Deklarasi Capres di Rumah si Pitung
Jokowi - Deklarasi Capres di Rumah si Pitung

DimasBagus.web.id – Blusukan Joko Widodo ke kawasan Marunda, Jakarta Utara, Jumat (14/3/2014), terasa berbeda dari sebelumnya. Gubernur DKI Jakarta itu sampai merasa aneh. Setelah merasa aneh, Jokowi mendeklarasikan diri menjadi calon presiden dari PDI Perjuangan.

Jokowi memulai kegiatan shalat Jumat di Masjid Al Salam, Marunda. Seusai shalat, dia berkeliling ke permukiman di belakang masjid. Dia juga sempat berjalan di tepi Pantai Marunda.

Pada blusukan itu, hampir semua wartawan dari media massa elektronik mengikutinya. Hal ini memang berbeda dari biasanya, yang ikut hanya media-media tertentu. Adapun untuk media dari negara asing yang ikut ialah wartawan dari Al Jazeera.

“Perasaan saya hari ini ada yang aneh,” ujar Jokowi kepada wartawan.

“Apa yang aneh, Pak?” tanya wartawan.

“Ya aneh, perasaan saya banyak media yang ngikutin saya. Ada bule segala lagi,” ujarnya lagi sambil tersenyum.

Jelang pukul 14.00, Jokowi menghentikan langkahnya di situs bersejarah, Rumah si Pitung. Jokowi membagi-bagikan buku kepada anak-anak di sekitar rumah itu.

Baca juga:  PowerUp, Main Remote Control Pesawat Kertas dari Smartphone

Suasana hati Jokowi tampak lebih santai dari hari-hari sebelumnya, ketika dia menghindar dari media massa di beberapa kesempatan. Sembari beristirahat, Jokowi bercanda dengan beberapa wartawan soal pengalaman blusukan selama ini.

Tiba-tiba, sekitar pukul 14.45 WIB, Jokowi menyatakan akan melakukan deklarasi capres. Dia mengaku sudah mendapat mandat dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

“Saya telah mendapatkan mandat dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri untuk menjadi capres dari PDI Perjuangan,” kata Jokowi, tepat pukul 14.49 WIB.

“Dengan mengucap bismillah, saya siap melaksanakan,” kata Jokowi lagi.

Kemudian, Jokowi mencium bendera Merah Putih yang ada di belakangnya.

Warga dan wartawan yang menyaksikan deklarasi itu langsung mengucap syukur, “Alhamdulillah.”

Deklarasi itu tanpa dihadiri petinggi PDI Perjuangan. Jokowi hanya didampingi oleh timnya dari Solo dan ajudan.

Baca juga:  Video: "Klek!" Polisi Patah Tulang Saat Adu Panco Bikin Ngilu!

Dari Rumah si Pitung, Jokowi langsung meluncur ke Rusun Marunda. Di sana, dia menjelaskan mengapa deklarasi capres di Rumah si Pitung. “Karena itu simbol perlawanan,” jawabnya, tanpa menjelaskan ucapannya tersebut.

Sumber: Kompas.com