Gunung Kelud Meletus, Hujan Pasir Hingga Blitar

0
132
Gunung Kelud Waspada
Gunung Kelud Waspada

DimasBagus.web.id – Gunung Kelud meletus pada malam ini pukul 22:50 dengan jarak efek letusan yaitu hujan abu mencapai 40 km atau hingga ke Blitar. Pengungsi banyak yg berlarian menuju tulung agung atau yg berbatasan dengan sungai Brantas, karena daerah tersebut menurut warga cukup aman. Menurut warga hujan abu cukup lebat, bersama dengan material pasir dan batu kerikil.

Proses evakuasi pun saat ini masih terus berlangsung. Karena jarak evakuasi atau pengosongan titik radius letusan mencapai 10 km. Menurut para ahli vulkanologi gunung kelud meletus memiliki rentang waktu 19-25 tahun sekali. Sebelum gunung kelud meletus pada malam ini, gunung kelud memiliki anak gunung baru di tengah kawahnya, yang diperkirakan didalamnya terdapat lava pijar yang aktif dan tidak terlalu dalam.

Baca juga:  Turun Hujan Salju di Kairo Mesir, Setelah 100 Tahun

Saat ini gunung kelud berstatus awas, naik dari level siaga 3. Hujan abu pun masih terus berlangsung. Suara ledakan dentuman gunung Kelud terdengar berkali-kali, bahkan suara letusan dentuman gunung kelud terdengar hingga malang bahkan solo. Tetap saksikan perkembangan gunung kelud meletus di web ini.