Pasca Penembakan Pesawat, Rusia Kirim Kapal Perang Moskva ke Suriah

0
378
Kapal Perang Moskva Rusia
Kapal Perang Moskva Rusia

DimasBagus.com – Pasca ditembaknya pesawat Rusia oleh Turki, pada Selasa (24/11) Moskow mengumumkan akan mengirimkan kapal perang Moskva ke lepas pantai Suriah di dekat Latakia untuk memperkuat pertahanan udaranya.

Kapal Perang Moskva Rusia Jenis Jelajah Cruiser
Kapal Perang Moskva Rusia Jenis Jelajah Cruiser

“Kapal penjelajah Moskva yang dilengkapi dengan sistem pertahanan udara Fort, mirip dengan S-300, akan mengambil posisi di wilayah pesisir Latakia. Kami mengingatkan bahwa setiap target yang berpotensi berbahaya bagi kami, akan dihancurkan,” demikian kutipan pernyataan resmi Kementerian Pertahanan Rusia seperti dikutip Sputnik.

Staf Jenderal dari Pasukan Bersenjata Rusia juga memastikan bahwa mulai sekarang, semua misi Moskow menggempur ISIS di Suriah akan dilindungi jet tempur.

Baca juga:  Cabai, Anti Radang Alami Yang Baik Untuk Kesehatan Kulit

Pasalnya, dalam insiden penembakan pesawat Rusia oleh Turki pada Selasa (24/11), jet Su-24 tersebut sedang menjalankan misi tanpa perlindungan udara.

Pesawat Rusia tersebut ditembak jatuh oleh awak jet tempur F16 Turki karena dianggap melanggar batas wilayah udara di perbatasan dengan Suriah.

Kedua pilot Su-24 berhasil keluar menggunakan parasut sebelum pesawat tersebut menghantam tanah di yang dikenal sebagai “Turkmen Mountain” di utara Suriah, dekat perbatasan dengan Turki. Namun, salah satu pilot ditembak di udara dan tewas.

Baca juga:  AU Australia Bukan Tandingan TNI AU?

Rusia akhirnya mengirimkan helikopter Mi-8 untuk melakukan misi pencarian dan penyelamatan salah satu pilot yang dikabarkan terkena rudal pemberontak di Suriah. Satu tentara infanteri angkatan laut Rusia dilaporkan tewas dalam operasi ini.

Sementara itu, personel yang selamat langsung dievakuasi ke markas militer Rusia di Hmeymim, Suriah.

Tak lama setelah insiden tersebut, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa pesawat Su-24 mereka tidak berada di wilayah udara Turki. Kemenhan Rusia pun menangguhkan hubungan kemiliteran dengan Turki setelah insiden yang disebut Presiden Vladimir Putin sebagai penikaman dari belakang ini terjadi.

“Kontak dengan Turki di garis militer akan dihentikan,” demikian kutipan pernyataan Kemenhan Rusia.

Berikut video tentang kapal perang Moskva jenis jelajah / cruiser Rusia.

Baca juga:  Kisah Bule Jualan Burger di Pasar: Tolong Doakan Agar Istriku Sembuh

Sumber: [wp_colorbox_media url=”http://www.cnnindonesia.com/internasional/20151125102858-134-93899/pasca-penembakan-pesawat-rusia-kirim-kapal-perang-ke-suriah/” type=”iframe” hyperlink=”CNN Indonesia – (den)”]