Perlukah Indonesia Membangun Armada Kapal Selam Midget?

Jangan anggap remeh kiprah kapal selam mini ini!

0
115
Kapal Selam Midget Seehund
Kapal Selam Midget Seehund

DimasBagus.com – Indonesia berencana membangun satu midget. Pembuatannya akan diserahkan kepada perusahaan galangan kapal PT Palindo Marine Shipyard di Batam dan bekerja sama dengan Balitbang Kementerian Pertahanan, BPPT dan beberapa Universitas di Indonesia.

Memiliki garis pantai sepanjang hampir 100.000 km, secara hitung-hitungan Indonesia membutuhkan puluhan kapal selam medium/berat seperti Type 209/1400, Kilo class dan ratusan .

Pembuatan satu ini bisa dijadikan awal dari pembangunan armada kapal selam midget Indonesia.

Memiliki wilayah pesisir yang luas dengan puluhan selat-selat yang merata diseluruh wilayahnya, Indonesia sangat tepat bila memilki jumlah aramda kapal selam midget dalam jumlah besar.

Baca juga:  Panther, Helikopter Anti Kapal Selam TNI AL

Belajar dari Perang Dunia 2 dan Perang Korea, kapal selam midget milik Jerman pernah menjadi momok menakutkan bagi armada kapal perang Sekutu.

Seperti kapal selam mini Seehund milik Jerman yang berhasil menenggelamkan beberapa kapal permukaan besar milik Sekutu. Untuk menghindari korban lebih besar, Sekutu sampai harus menghindari daerah pesisir dan lautan dangkal.

Banyak midget Seehund yang tenggelam karena kesalahan teknis dan desain yang kurang sempurnan, bukan karena serangan dari Sekutu.

Baca juga:  Pindad dan CMI Garap Turret Tank Nasional

Kiprah selanjutnya dari kapal selam midget adalah milik Korea Utara yang diduga menjadi pelaku dari tenggelamnya korvet Icheon milik Korea Selatan.

Dengan biaya yang lebih murah, kapal selam midget bisa dibangun dalam jumlah besar dan lebih cepat, namun dari segi teknologi kapal selam midget tetap memerlukan sentuhan teknologi tinggi untuk menjamin kehandalannya, termasuk pada sistem propulsi yang selama ini menjadi inti terpenting dari pembangunan kapal sleam midget.

Semasa Perang Dunia 2 banyak negara-negara seperti Uni Soviet, Inggris, dan Jerman yang beberapa kali mengalami insiden mematikan akibat kerusakan dan kesalahan desain pada sistem propulsinya serta kebocoran karbon monoksida.

Baca juga:  Indonesia Beli 8 Helikopter Apache AS

Konon kapal selam midget Indonesia akan menggunakan teknologi gado-gado alias campuran dari berbagai negara, dengan sebagian besar akan menggunakan teknologi dari Korea Selatan.

Berikut spesifikasi teknis dari kapal selam midget Angkatan Laut Indonesia.

Panjang : 22 m
Lebar : 6 m
Bobot : 127 ton
Kru : 5 + 9 pasukan khusus
Max kedalaman : 150 m
Endurance : 6 hari
Kecepatan : 10 knot
Propulsi : Diesel + listrik
Senjata : – / Opsi dari AL ingin 2 torpedo diluar lambung seperti midget Seehund.

By: Meter