Website Anda Sudah Lolos Uji Mobile Friendly? Cek Sekarang Agar Tidak Ditendang Google

0
27
Situs yang Mobile Friendly
Situs yang Mobile Friendly

DimasBagus.com – Jika tidak ingin situs Anda ditendang oleh Google, segera lakukan test dan pastikan situs Anda lolos .

Hampir setiap tahun Google selalu membuat inovasi dalam mesin pencariannya. Setelah menerapkan algoritma Panda, Penguin dan Hammingbird, Google Search kembali memiliki algoritma baru yang diklaim akan lebih mobile-friendly.

Diketahui, Google sendiri menyediakan halaman khusus untuk memudahkan pengguna melakukan pengujian untuk mengetahui seberapa ramah sebuah situs saat ditampilkan di smartphone. Tinggal masukkan link, maka Google akan melakukan analisa secara otomatis.

Baca juga:  Harga Pertamax dan Pertamax Plus Turun di Seluruh Indonesia per 2 Januari, Pulau Jawa Rp. 8800 Ron 92

Saat menguji mobile-friendliness situs DimasBagus.web.id, Google memberikan hasil ‘Awesome’ untuk tampilan mobile web personal milik saya ini.

DimasBagus Web Id Lolos Mobile Friendly Test
DimasBagus Web Id Lolos Mobile Friendly Test

Awesome! This page is mobile-friendly,” tulis Google dalam halaman tersebut.

Dijelaskan pihak konsultan digital aplikasi web dan mobile, Suitmedia, algoritma baru Google ini akan sangat berpihak pada semua situs yang ramah tampilan smartphone-nya.

Pasalnya, tujuan dari update ini adalah untuk memudahkan para pengguna mobile phone dalam melakukan pencarian di mesin Google sehingga situs dapat dilihat dalam tampilan mobile.

Baca juga:  Jelang Debat Capres 2014, Hatta Rileks di Perpustakaan Pribadinya

“Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para praktisi SEO untuk mengoptimalisasi tampilan dan menyesuaikan website-nya agar bisa diterima oleh algoritma Google mobile-friendliness,” ujar CTO Suitmedia, Anggriawan Sugianto, dalam keterangannya, Selasa 21 April 2015.

Situs yang Mobile Friendly

Dia menjelaskan, ada dua pihak yang akan mendapatkan manfaat dari perubahan algoritma ini.

  1. Pertama, pengguna search engine akan mendapatkan user experience yang lebih baik ketika menggunakan piranti mobile, karena situs yang akan direkomendasikan oleh Google sudah dioptimasi untuk piranti mobile.
  2. Kedua, pemilik situs yang sudah mobile-friendly akan mendapati kenaikan ranking untuk keyword-keyword yang terkait dengan kontennya.

“Pihak yang akan dirugikan dengan algoritma baru Google ini adalah pemilik situs-situs yang belum melakukan optimasi untuk layar smartphone (mobile),” katanya.

Untuk memastikan jika sebuah situs sudah mobile-friendly atau tidak, lakukan pengecekan secara manual dari source code situs, atau menggunakan tool Mobile-Friendly Test dan Mobile Usability Report dari Google di sini, Mobile Friendly Test.

Baca juga:  Ayah Ibu Sibuk Bekerja, Hati-hati Anak Jadi Sinetron Style

Sumber: [wp_colorbox_media url=”http://teknologi..viva.co.id//read/616511-algoritma-baru-google–viva-co-id-lolos-uji-mobile-friendly” type=”iframe” hyperlink=”VIVA”]