Beringin Kembar Alun-alun Kidul Yogyakarta Terbakar, Pertanda Apa?

0
419
Beringin Kembar Alun-alun Yogya
Beringin Kembar Alun-alun Yogya

DimasBagus.com – Beringin kembar Alun-Alun Kidul Yogyakarta terbakar, Minggu (3/8) malam. Penyebab terbakarnya salah satu pohon beringin masih menjadi misteri. Ada yang menyatakan diduga karena putung rokok yang masih bernyala dibuang sembarang ke dalam pagar pohon beringin namun ada juga yang berpendapat bahwa itu berhubungan dengan hal mistis.

Seperti yang dimitoskan, pohon beringin kembar di Alun-alun Kidul memiliki sejumlah petuah seperti jika seseorang bisa melewati pohon beringin dengan mata tertutup, maka keinginan orang tersebut akan terkabul.

Baca juga:  Indra Sjafri: Mental Timnas U-19 Rontok

Menurut Slamet, salah satu penganut aliran kepercayaan kejawen, terbakarnya ringin kembar di Alun-alun Kidul bisa jadi pertanda melemahnya kekuatan Keraton Ngayogjokarto. Dulu kala, beringin kembar merupakan benteng pertahanan yang memiliki aji-aji.

“Ada jimatnya di situ, dulu kalau ada yang menyerang Keraton, langsung hilang kekuatannya setelah melewati ringin kembar,” kata Slamet, (04/08).

Namun dalam perjalanannya fungsi beringin kembar berubah. “Bisa jadi itu (melemahnya Keraton), tapi sekarang fungsinya sudah berubah,” tambahnya.

Meski demikian, Slamet tidak mau berspekulasi. Namun dia meyakini ada pertanda di balik terbakarnya beringin kembar alun-alun kidul.

“Saya yakin ini pertanda sesuatu, entah suatu peringatan atau yang lain, itu yang harus kita renungkan,” jelasnya.

Sementara itu Budayawan Yogyakarta, Purwadi mengatakan peristiwa ini menjadi tanda hilangnya tanda kemanusiaan di Tanah Jawa. Adapun yang dimaksudkannya adalah memayu hayuning bawana, yaitu sikap mencintai alam.

“Kalau benar karena puntung rokok atau faktor kelakuan manusia, berarti kita di tanah Jawa sudah kehilangan salah satu pegangan hidup, yaitu mamayu hayuning bawana. Hidup harus selaras dan menjaga keseimbangan dengan alam,” ujarnya.

Sumber: Merdeka.com