Fenomena Batu Akik, Dari Anak Muda, Mistis Hingga Perda

0
403
Fenomena Batu Akik Terkait Mistis
Fenomena Batu Akik Terkait Mistis

DimasBagus.com – Selama dua tahun belakang, Indonesia digandrungi demam . Batu yang biasanya digemari orang tua tersebut mulai digandrungi kaum anak muda. tak henti dibicarakan, diburu dan dipamerkan.

Cincin batu akik memiliki banyak jenis. Harganya pun beragam, mulai dari yang paling murah hingga yang paling mahal disesuaikan dengan kombinasi warna dan bentuknya.

Seorang penjual batu akik di Pasar Tebet menjual cincin batu akik dengan jenis bacan dengan harga Rp 700 ribu. Batu jenis ini diakui oleh salah satu penggemar sebagai salah satu jenis yang paling banyak diincar karena memiliki latar belakang mistis dan keindahan di dalamnya.

Fenomena Batu Akik yang Mulai digemari Anak Muda
Fenomena Batu Akik yang Mulai digemari Anak Muda

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Kadistamben) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Provinsi Riau, Yusmar Yusuf, ditantang untuk mengelola potensi batu akik di Rohul. Yusmar diberi uji coba dalam mengelola bebatuan mulia yang kini jadi incaran banyak orang.

Berikut fenomena batu akik, dari anak muda, kisah mistis hingga dibuatkan Perda.

Fenomena Anak Muda Gemar Batu Akik
Fenomena Anak Muda Gemar Batu Akik

1.Mulai digandrungi anak muda

Dalam beberapa bulan belakang ini kembali muncul tren baru yang digemari anak muda. Batu cincin atau lebih dikenal dengan sebutan batu akik tak henti dibicarakan, diburu dan dipamerkan.

Biasanya para anak muda cenderung tertarik dengan benda-benda yang bernuansa futuristik dengan teknologi canggih di dalamnya. Bahkan dulu anak muda bisa dikatakan malu menggunakan aksesoris yang satu ini, karena kemasan cincin yang terlihat jadul dan sangat identik dengan dukun.

Baca juga:  Sikat Spanyol & India, Pasukan Garuda Juara Lomba Tembak di Lebanon

Namun sepertinya kecanggihan teknologi dan pemikiran kolot dari kalangan muda-mudi mulai sedikit terkikis dengan keindahan alami yang dihasilkan oleh batu cincin. Keindahan warna dan bentuknya yang beragam menjadi faktor utama mengapa mereka yang berjiwa muda turut mencintai batu cincin akik ini.

Fenomena Batu Akik Terkait Mistis
Fenomena Batu Akik Terkait Mistis

2.Mistis di batu akik

Bagi kalangan penggemar batuan alam, batu akik memiliki tempat tersendiri dan diperlakukan sangat istimewa. Hal itu terkait dengan kekuatan alami dipercayai terkandung di batu tersebut. Jika dimanfaatkan dengan benar dan sesuai dengan karakter penggunanya, batu akik dipercaya dapat memberikan kelebihan baik berupa karisma maupun kekuatan tertentu, salah satunya penolak bala.

Keyakinan ini tersebar hampir di semua masyarakat. Mulai dari tukang becak hingga petinggi negara pun meyakini aspek mistik batu akik jika digunakan. Bahkan, sebagian ulama juga menggunakan cincin batu akik untuk menambah karisma.

Beberapa jenis batu yang diakui bertuah salah satunya adalah mustika macan putih. Batu ini berbentuk oval dengan warna dominan putih seperti susu. Batu jenis ini dipercaya dapat memberikan manfaat dan membuat pribadi seseorang baik juga menyenangkan. Selain itu, batu jenis ini dipercaya dapat melancarkan karir seseorang.

Baca juga:  Infografik: Tips Meningkatkan Bisnis Online Anda

Batu akik yang mempunyai kekuatan gaib bukan batu sembarangan. Batu akik yang memiliki unsur magis berasal dari alam, bukan buatan manusia. Sebut saja mirah delima yang dipercaya memiliki segudang khasiat bagi pemiliknya.

SBY Mengenakan Batu Akik Cat's Eye di Jarinya
SBY Mengenakan Batu Akik Cat’s Eye

3. Anggota DPR ikutan berburu batu akik

Beberapa pejabat Indonesia juga terlihat menggunakan batu akik. Di beberapa kesempatan misalnya, Presiden Soeharto juga Presiden SBY sempat tertangkap kamera menggunakan cincin batu akik.

Bukan hanya pejabat setingkat presiden yang menggunakan cincin batu akik. Para anggota DPR juga banyak yang menggunakan cincin batu akik.

Anggota Komisi III DPR Bambang Soesatyo misalnya. Hampir setiap hari, wakil bendahara umum Partai Golkar ini menggunakan cincin batu akik. Bambang mengaku, cincin itu dipakai hanya sekadar hiasan agar tampil modis, bukan untuk jimat atau menambah percaya diri.

Cincin Batu Akik SBY
Cincin Batu Akik SBY

“Saya enggak terlalu maniak dengan batu akik. Saya pakai sekedarnya saja sebagai pemantas,” kata Bambang saat berbincang santai dengan merdeka.com.

Bambang bahkan tidak peduli dengan jenis batu akik yang dipakai di jarinya. Yang terpenting, warna di batu itu senada dengan baju yang dikenakan. Berbagai jenis batu akik itu didapatnya dari dalam negeri.

Baca juga:  Menunggu Kedatangan Tank Leopard & Marder TNI di Tanjung Priok

“Dan saya tidak pernah terlalu perhatikan jenis dan nama batu akik. Saya lebih pada warna agar serasi dengan baju yang saya kenakan,” jelas dia.

Cincin Batu Akik Fauzi Bowo
Cincin Batu Akik Fauzi Bowo

4.Pemda Rohul, Riau usulkan Perda Batu Akik

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Kadistamben) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Provinsi Riau, Yusmar Yusuf, ditantang untuk mengelola potensi batu akik di Rohul. Yusmar diberi uji coba dalam mengelola bebatuan mulia yang kini jadi incaran banyak orang.

“Itu sudah ada inisiatif Anggota DPRD Rohul untuk membuat Peraturan Daerah (Perda) tentang batu akik atau mulia itu, sehingga itu bisa dipatenkan sebagai kerajinan milik Rohul,” ujar Sekdakab Rohul, Damri Harun, Selasa (6/1).

Menurut Damri, Perda itu bermanfaat selain melindungi, juga menjadikan batu mulia itu lebih berharga. Jika selama ini batu mulia jenis solar dijual hanya dengan harga Rp 3 juta per Kg, maka kedepannya, batu mulia akan lebih bernilai lagi di masyarakat.

“Karena potensi cukup bagus di Rokan Hulu, seperti Batu Mulia dari Bukit Serombo, Kecamatan Rambah Hilir, Batu Mulia dari Desa Sialang, Rambah, Batu Mulia dari Rokan IV Koto dan lainnya,” ujarnya.

Sumber: [wp_colorbox_media url=”http://www.merdeka.com/peristiwa/fenomena-batu-akik-dari-cerita-mistis-sampai-dibuatkan-perda.html” type=”iframe” hyperlink=”Merdeka”]