Infografis Negara Paling Siap Tempur di ASEAN

0
570
Negara Paling Siap Tempur
Negara Paling Siap Tempur

DimasBagus.com – ASEAN memiliki kekuatan yang tidak kecil. Salah satunya Malaysia, memiliki kekuatan Su-30MKM yang menjadikannya cukup ditakuti. Berikut daftar  di ASEAN, dari yang terbuncit hingga yang tergemuk.

HIMARS High Mobility Artillery Rocket System Singapore Army - ArmyRecognitionDOTcom
HIMARS High Mobility Artillery Rocket System Singapore Army – ArmyRecognitionDOTcom

Hasil kajian dari Lembaga Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI) menempatkan Singapura dan Myanmar sebagai negara dengan alokasi belanja militer terbesar di ASEAN. Lembaga yang berlokasi di Swedia itu mencatat Singapura mengalokasikan anggaran sebesar US$ 9,8 miliar pada 2014 atau 3,3 persen dari produk domestik bruto (PDB), sebagian besar untuk peningkatan kualitas alat utama sistem persenjataan. Sedangkan, Myanmar menjadi negara yang mengalokasikan anggaran militer terbesar terhadap PDB.

Baca juga:  Serangan Hacker Indonesia Menempati Urutan Teratas Dunia, di Susul China & Amerika
Negara Paling Siap Tempur
Negara Paling Siap Tempur

Dari seluruh Negara ASEAN, Indonesia yang terkecil mengalokasikan anggaran PDB-nya untuk belanja militer, yakni hanya 0,8 persen. Meski mengalokasikan anggaran PDB palling kecil, namun jumlah total anggaran yang dibelanjakan sebesar USD 7,0 miliar, menempati urutan kedua, setelah Singapura, untuk tahun anggaran 2014.

Tentu dengan alokasi PDB untuk militer yang terkecil di ASEAN, Indonesia masih memiliki peluang untuk mengatrol anggaran militernya, jika diperlukan. Jika dilihat dari alokasi dana (parsial), maka militer Singapura yang paling siap tempur di ASEAN.

Baca juga:  Foto : Mengenang Tragedi Kecelakaan Kereta Api di Bintaro 1987

Sumber : KataData.co.id