32.2 C
Jakarta
Wednesday, October 16, 2019
Home News Dunia Ini Kota Paling Dingin di Dunia, Suhunya Capai -64 Derajat Celcius

Ini Kota Paling Dingin di Dunia, Suhunya Capai -64 Derajat Celcius

Berani hidup di kota ini?

DimasBagus.com – Di manakah kota paling dingin di Dunia? Selama musim dingin, suhu kota-kota yang dihinggapi salju akan merambah hingga minus puluhan derajat.
Penduduknya tak kuasa menahan dingin, mengenakan mantel dan pakaian tebal kemana pun mereka pergi.

Sebut saja Helsinki di Finlandia yang terkurung hingga -34 derajat celsius, Moskow di Rusia dengan -30 derajat celsius ataupun Alaska dengan suhu mencapai -26 derajat celsius. Tapi salah jika kota-kota itu diduga sebagai kota terdingin, di dunia ini, ada sebuah kota yang jauh lebih membeku.

Kota Yakutsk di Russia patut menyandang predikat kota terdingin di dunia. Saat ini, suhu yang membalut tubuh masyarakat Yakutsk berkisar -45 derajat celsius. Namun, suhu terendah yang pernah tercatat di kota ini menembus angka -64,4 derajat celsius.

Letak Yakutsk kota paling dingin di Dunia tersebut tepat di tepi Sungai Lena, sekitar 280 kilometer di sebelah selatan Lingkaran Arktik. Itu berarti daerah ini dibungkus iklim ekstrem permanen.

Sekilas, keseharian penduduk Yakutsk tampak seperti kehidupan di planet lain. Warga benar-benar terbungkus pakaian ekstra hangat, patung dan infrastruktur jalan diselimuti salju, tumbuhan memutih, hewan pun harus bertahan dengan percikan salju yang jatuh ke tubuhnya. Sekitar 250 ribu penduduk Yakutsk harus tetap bertahan diterpa suhu sedingin itu.

Salju jatuh di atap-atap bangunan, berubah menjadi timbunan es yang membahayakan pejalan kaki. Jika tak hati-hati, runtuhan es bisa menghantam manusia dan menyebabkan kematian.

Seperti dilansir laman Mirror, ketika suhu sedingin ini berhembus, penduduk tak bisa sembarangan keluar rumah. Bahkan ke pusat perbelanjaan Central Square pun bisa jadi keputusan fatal, keadaan jalan begitu licin. Masalahnya, ini juga terjadi di seluruh kota dan pelabuhan utama.

Yakutsk Kota Paling Dingin Di Dunia dengan Halte Bus yang Membeku Bagai Es Di Dalam Freezer - Src: Smithsonian Magazine
Yakutsk Kota Paling Dingin Di Dunia dengan Halte Bus yang Membeku Bagai Es Di Dalam Freezer – Src: Smithsonian Magazine

Tapi mau tak mau, warga kota paling dingin di dunia itu harus ke pasar membeli bahan makanan, sebagian dari mereka juga berjualan untuk mencari nafkah. Berdagang ikan yang dibungkus dengan bahan hangat untuk mencegah rasa pahit. Mobilitas warga didukung oleh kereta api.

Berani Tinggal di Kota Paling Dingin di Dunia Src: Mental Floss
Berani Tinggal di Kota Paling Dingin di Dunia Src: Mental Floss

Cukup mengerikan memang melewati cuaca di sini. Itulah mengapa banyak narapidana yang dibuang di Yakutsk sejak tahun 1600-an, orang-orang menyebutnya dengan “Penjara Tanpa Pintu”.

Artikel ini sudah pernah tayang di VIVAlife.

Jika Hari Ini Pemilihan Presiden 2019, Anda Pilih Siapa?
  • Prabowo Subianto & Sandiaga Uno 50%, 124 votes
    124 votes 50%
    124 votes - 50% of all votes
  • Joko Widodo & Ma'Ruf Amin 50%, 122 votes
    122 votes 50%
    122 votes - 50% of all votes
Total Votes: 246
13/08/2018 - 26/04/2019
Voting is closed

Must Read

Drone Buatan Cina CH-4B dengan Kemampuan Serang - Sumber Gambar TheDriveDOTcom

Makin Gahar! Indonesia Punya Drone Berkemampuan Intai, Tembak dan Pengebom, UCAV?

DimasBagus.com - Belum lama ini kabarnya drone pesanan Indonesia sudah tiba. Namun, info yang beredar masih belum jelas apakah drone tersebut hanya intai atau...