Kompas Gramedia, Perusahaan yang Diidamkan “Job Seeker”

0
346
Kompas Karir Fair 2013
Kompas Karir Fair 2013

(KG) malam ini menerima penghargaan sebagai salah satu perusahaan yang paling diidamkan di mata pencari kerja, bersama sembilan perusahaan lain dalam ajang Indonesian Employers of Choice 2013.

Direktur Corporate Human Resources KG Sigit Suryanto mengatakan, prestasi tersebut diraih lantaran KG selama ini mampu menjaga nilai-nilai yang diwariskan founder KG.

“Kami beruntung karena KG itu didirikan bukan karena kekuatan modal dan organisasi bisnis, tetapi alat idealisme mereka untuk mencerdaskan bangsa dengan cara memberikan informasi berupa bacaan,” ujar Sigit dalam talkshow di ajang penghargaan dari HayGroup di Jakarta, Jumat (8/11/2013).

Baca juga:  Kompas Gramedia Luncurkan Grid.ID, Portal Celebrity Breaking News Indonesia

Dengan alasan tersebut, orang-orang yang direkrut pun adalah mereka yang memiliki passion dan visi yang sama dengan KG. Lebih lanjut ia mengatakan, sampai saat ini manajemen KG yakin bahwa setiap orang memiliki keunikan, keistimewaan, dan minat.

“Itu yang kita sebut passion. Bagaimana Anda bisa membayangkan orang yang punya passion tinggi bisa bekerja tanpa beban, tidak dengan ukuran uang, tidak dengan ukuran waktu, tapi passion, sehingga bisa bekerja berjam-jam,” jelasnya.

Baca juga:  Tips Hindari Modus Kejahatan di Kota Tua

Dalam kesempatan tersebut, Sigit berbagi rahasia bagaimana KG bisa menjaga kinerja dan loyalitas karyawannya. Pertama, soal leadership. Sigit menuturkan, KG telah bergeser dari paradigma bisnis yang hanya berhitung transaksional menjadi pendekatan people management.

“Jadi bukan merekrut pekerja, lalu tidak mencapai target lalu dimarahi. Pendekatan people management itu manusia adalah aset yang harus dikembangkan. Sehingga, dalam merekrut orang, manajer harus bisa menemukan passion anak buah yang direkrut,” tutur Sigit.

Baca juga:  Ini Kegagalan Jokowi Saat Jadi Wali Kota Solo Terkait Revitalisasi Pasar

Kedua, soal komunikasi, di mana perlu adanya komunikasi yang baik antara atasan dan bawahan serta komunikasi dengan rekan sejawat. Ketiga, soal performance based culture. “Terakhir adalah meaning of works,” imbuhnya.

Sebagai informasi, selain KG, sembilan perusahaan yang menerima penghargaan Indonesian Employers of Choice 2013 yaitu PT Telekomunikasi Indonesia, Pertamina, Astra Motor, Bank Indonesia, Unilever, BCA, Chevron Indonesia, Kalbe Farma, dan Bank Mandiri.

Sumber : Kompas