Berikut 3 Keajaiban Bencana Longsor Banjarnegara

0
254
Keajaiban Longsor Banjarnegara 1
Keajaiban Longsor Banjarnegara 1

DimasBagus.com – Beredar cerita dari masyarakat sekitar lokasi kejadian yaitu adanya keajaiban bencana longsor Banjarnegara yang diantaranya terdapat korban selamat setelah tertimbun selama 9 jam.

Longsor di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar Banjarnegara telah menelan 39 korban tewas hingga Minggu (14/12). Sementara, 76 korban lainnya diduga masih tertimbun tanah. Beberapa korban selamat juga telah ditemukan.

Ratusan personel TNI dan Polri diterjunkan ke lokasi membantu Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan SAR. Mereka bekerja tanpa mengenal lelah mengevakuasi korban.

Keajaiban Longsor Banjarnegara
Keajaiban Longsor Banjarnegara

TNI menerjunkan personelnya yang terdiri dari 35 Personel Komando Pasukan Khusus (Kopassus), Kostrad mengirimkan Satuan Setingkat Kompi (SSK) atau 300 personel Yonzipur-9/2 Kostrad, dan Satgas Marinir mengirimkan 122 personel. Dari kepolisian, Polda Jawa Tengah menerjunkan 600 anggotanya ke lokasi.

Baca juga:  Pengguna e-Toll Diberi Diskon 20 Persen Saat Mudik Lebaran

Di tengah bencana alam tersebut, sejumlah keajaiban terjadi. Mulai dari ibu hamil yang selamat hingga seorang warga yang mampu bertahan setelah 9 jam terkubur di dalam lumpur.

Berikut tiga keajaiban bencana longsor Banjarnegara.

Keajaiban Longsor Banjarnegara
Keajaiban Longsor Banjarnegara yaitu Rumah dan Kebun Jagung yang Selamat dari Bencana

1.Rumah dan kebun selamat dari longsor

Longsor yang terjadi di Dusun Jemblung Desa Sampang Kecamatan Karangkobar Banjarnegara Jawa Tengah, telah menewaskan puluhan korban dan puluhan rumah. Di antara puluhan rumah yang tertimbun longsoran Bukit Telogo Lele, sebuah rumah dan kebun yang berada tepat di samping lokasi longsorang tidak tersentuh sama sekali.

Rumah bercat putih dan kebun jagung yang berjarak tidak jauh dari Bukit Telogo Lele masih berdiri tanpa ada kerusakan. Sementara daerah di kelilingnya telah luluh lantak ditenggelamkan tanah bukit.

Baca juga:  Ini Jenis Pria yang Cenderung Diselingkuhi Istri
Selamat Setelah Tertimbun Longsor Banjarnegara Selama 9 Jam
Selamat Setelah Tertimbun Longsor Banjarnegara Selama 9 Jam

2.Tertimbun lumpur selama 9 jam

Longsornya Bukit Telogo Lele yang mengakibatkan seratusan lebih warga tertimbun di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara, Jawa Tengah, menggoreskan pengalaman pilu. Salah satu korban yang sempat tertimbun lumpur adalah Wawan Wahyuni yang mencoba bertahan selama 9 jam dalam lautan lumpur yang perlahan menutupi dirinya.

“Saya sempat melihat ke arah bukit, ada semacam asap yang keluar, kemudian api,” katanya.

Saat itu, ia mengaku lumpur nyaris membekap seluruh tubuhnya, kecuali di bagian leher. Karena tanah yang menimbun masih lembek, Wawan berusaha mengeluarkan kedua tangannya yang sempat ikut tertimbun.

Baca juga:  Ini Kehebatan Pesawat F-16 C/D k 52 ID yang akan Perkuat TNI AU
Wanita Hamil 9 Bulan Selamat dari Longsor Banjarnegara
Wanita Hamil 9 Bulan Selamat dari Longsor Banjarnegara

3.Wanita hamil 9 bulan selamat setelah ditimbun tanah sedalam 1 meter

Di antara warga Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara, Jawa Tengah yang selamat dari longor Bukit Telogo Lele, terdapat Fatimah (30) yang selamat. Wanita yang tengah hamil sembilan tersebut sempat terkubur tanah sedalam satu meter.

Meski dapat selamat, Fatimah harus kehilangan lima keluarganya yang terdiri dari uami, bapak dan ibu mertua, bapak kandung, serta anak laki-lakinya yang masih berusia tujuh tahun. Hingga saat ini, kelima keluarganya masih belum ditemukan.

Hingga saat ini, Fatimah masih dirawat di Puskesmas Karangkobar, Banjarnegara, Jawa Tengah. Ia dirawat intensif karena mengalami luka serius dan trauma yagn mendalam.

Sumber: [wp_colorbox_media url=”http://www.merdeka.com/peristiwa/keajaiban-ini-terjadi-saat-bencana-longsor-banjarnegara.html” type=”iframe” hyperlink=”Merdeka”]