Mengenal 3 Pesawat Bomber Amerika: B-1 Lancer, B-52 Stratofortress dan B-2 Spirit

0
1002
Pesawat Bomber Amerika B-1 Lancer - Wikipedia
Pesawat Bomber Amerika B-1 Lancer - Wikipedia

DimasBagus.com – Diantara pesawat jet militer, ada salah satu jenis pesawat yang begitu ditakuti musuh begitu sudah mulai mengudara di medan perang. Pesawat itu adalah jenis (jet pembom). Analisa yang digunakan untuk menilai pesawat jet pembom ini terdiri atas berbagai aspek, seperti teknologi, kecepatan, persenjataan, jangkauan hingga akomodasi amunisi.

Pesawat Bomber Amerika B-2 Spirit
B-2 Spirit

Berikut 3 pesawat bomber Amerika yang sudah teruji meluluh-lantahkan area musuh:

Pesawat Bomber Amerika B-1 Lancer - Wikipedia
Pesawat Bomber Amerika B-1 Lancer – Wikipedia

1. Pesawat B-1 Lancer

Pesawat B-1 Lancer supersonic yang bertugas untuk meluncurkan rudal nuklir. Pesawat ini dibangun oleh Boeing pada 23 Desember 1974, dioperasikan oleh USAF. Kecepatan pesawat ini mencapai mach 1,25 dengan jarak radius terbang 11.997 km di ketinggian terbang 18 km. Pesawat ini mampu membawa 15 jenis tipe bom, salah satunya adalah bom nukir B83.

Baca juga:  Yuk Intip Alat Penyadap Intelejen TNI AD, Mulai Dasi Hingga Kancing Baju
Pesawat Bomber Amerika B-52 Stratofortress - SuperbWallPapersDOTcom
Pesawat Bomber Amerika B-52 Stratofortress – SuperbWallPapersDOTcom

2. Pesawat Pembom B-52 Stratofortress

B-52 Stratofortress atau biasa disebut BUFF, merupakan pembom strategis super berat yang bertugas meluncurkan bom nuklir. Dirancang oleh Boeing pada 15 April 1952, dan digunakan oleh USAF. Pesawat ini diawaki oleh 5 orang kru yang terdiri dari pilot, copilot, weapon system officer, navigator, electronic warfare officer. Kecepatan terbang dari BUFF mencapai 1.047 km/perjam, dengan radius terbang 16.232 km, di ketinggian 15 km. Seluruh jenis bom yang dimiliki oleh Amerika sanggup diangkut oleh BUFF.

Baca juga:  Gemuruh Merapi, Sleman dan Klaten Diguyur Abu dan Pasir
Pesawat Pembom Amerika B-2 Spirit
B-2 Spirit

3. Pesawat Pembom B-2 Spirit 

B-2 Spirit pesawat pembom paling sulit dilacak dan ditangkap oleh radar, pesawat ini terbang sangat senyap. Dirancang oleh Northrop Grumman, pada 17 Juli 1989, digunakan oleh USAF dan diawaki oleh 2 orang pilot dan co pilot. B2 terbang dengan kecepatan mach 0.95, jarak jangkau operasi mencapai 11.100 km, di ketinggian 15 km. Misi yang diemban oleh B2 sangatlah berat, pesawat ini harus menembus garis pertahanan lawan untuk meluncurkan serangan bom nuklir ke arah jantung pertahanan lawan.

Baca juga:  Suami Farah Quinn Terlibat Perampokan?

Baca juga: 3 Pesawat Pembom Rusia yang Meluluh-lantahkan ISIS

Sumber: [wp_colorbox_media url=”http://artileri-news.blogspot.co.id/2015/10/3-pesawat-jet-pembom-andalan-rusia-dan.html” type=”iframe” hyperlink=”artileri-news”]