Singapura Harus Diberi Pelajaran

0
150
KSAU Marsekal Agus Supriatna
KSAU Marsekal Agus Supriatna

DimasBagus.com – Jakarta – . menolak keras latihan tempur yang dilakukan Singapura di wilayah lantaran belum adanya kesepakatan kerja sama (Defense Cooperation Agreement) antara dua negara. Indonesia masih tetap bersikeras hanya akan memberikan izin latihan militer Singapura jika Negeri Singa itu menyepakati klausul ektradisi.

F-16 RSAF (Angkatan Udara Singapura)
F-16 RSAF (Angkatan Udara Singapura)

“Kesepakatannya kan jadi satu dengan ekstradisi, Singapura belum setujui ya kita juga nggak setuju. Segitu kerasnya. Kami ingin jadi satu dengan ekstradisi sehingga belum ada ratifikasi (Defense Cooperation Agreement),” ujar Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Agus Supriatna di Istana Kepresidenan, Selasa (8/9/2015).

Promo Perlengkapan Bayi

Singapura diketahui kerap melakukan latihan militer di wilayah Indonesia lantaran negeri itu tidak memiliki wilayah udara yang cukup luas. Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo pun memastikan akan mengusir pasukan Singapura itu lantaran belum menyampaikan izin ke pemerintah Indonesia.

Baca juga:  Manfaat Lain Wortel untuk Pria, Selain Meningkatkan Sperma

Namun, upaya pengawasan teritori di Indonesia menghadapi kesulitan. Ini disebabkan Singapura menguasai sistem Flight Information Region (FIR) atau sistem pelayanan udara untuk wilayah udara Indonesia di sekitar Natuna dan perbatasan Kalimantan Utara dengan Serawak, Malaysia.

Menurut Marsekal Agus, penguasaan Singapura terhadap FIR di kawasan Indonesia itu terjadi karena semenjak merdeka Indonesia belum memiliki teknologi yang cukup untuk memberikan pelayanan udara yang bisa memberikan keselamatan arus lalu lintas penerbangan.

Baca juga:  Suara 'Terompet Sangkakala' Misterius Terdengar dari Langit, Pertanda Apa?

Akan tetapi, Marsekal Agus memastikan bahwa Indonesia akan tetap menjaga teritorinya meski pun FIR dikuasai Singapura.

“Sehingga untuk awasi kedaulatan kita, kita standby-kan kita di sana. Dan ini akan segera akan dibangun lagi, terutama pangkalan di Natuna, sehingga itu seperti dulu lagi lah, kita bisa stand by di sana sehingga kita bisa awasi wilayah kita,” ucap dia.

Sumber: [wp_colorbox_media url=”http://jakartagreater.com/singapura-harus-diberi-pelajaran/” type=”iframe” hyperlink=”JKGR”]

Jika Hari Ini Pemilihan Presiden 2019, Anda Pilih Siapa?
  • Add your answer
Baca juga:  Seragam Anti Peluru Polisi Jerman Mirip Darth Vader