Smartphone Tertipis OPPO R5 Diklaim Anti Bengkok

0
273
Smartphone Tipis OPPO R5 Kuat dan Tangguh

DimasBagus.com – Kelemahan utama smartphone tipis saat ini adalah rangka ponsel yang lentur sehingga membengkok ketika disimpan dalam saku celana. Hal inilah yang menimpa sejumlah pengguna handset iPhone 6 Plus, atau yang lebih populer dengan sebutan skandal ‘bendgate’. Namun tidak bagi , pihak OPPO mengklaim anti bengkok.

Untuk mengatasi hal tersebut, OPPO menggunakan paduan aluminium dengan stainless steel (baja tahan karat) sebagai material rangka smartphone ultra tipis seri R5 yang memiliki ketebalan hanya 4,85 mm.

CEO OPPO Indonesia, Jet Lee, menjelaskan bahwa rangka (frame) merupakan bagian paling vital dalam konstruksi sebuah smartphone yang tipis. Saat ini, industri pada umumnya menggunakan aluminium alloy sebagai material rangkanya.

Baca juga:  Anggota TNI Uji Ilmu Mengunci Tubuh Penjahat Menjadi Patung dan Lemas

Divisi R&D OPPO melakukan terobosan dengan mengadopsi kekuatan stainless steel dengan aluminium alloy sebagai bingkai busur mikro (micro-arc) yang unik. Paduan ini menghasilkan rangka ultra tipis bagi OPPO R5 yang kuat, tangguh, dan tidak lentur.

Smartphone Tertipis OPPO R5
Smartphone Tertipis OPPO R5

“Sekarang konsumen dapat menyimpan OPPO R5 di dalam saku dan duduk nyaman tanpa takut smartphone mereka menjadi bengkok,” kata Jet Lee dalam keterangannya.

Rangka baja OPPO R5 memiliki kekuatan sangat tinggi yang mencapai 250 HV (ukuran standar kekerasan logam), atau tiga kali lipat lebih keras dari paduan aluminium alloy biasa (80 HV). Bahan baku stainless steel OPPO R5 telah menjalani empat kali proses penempaan, melalui lima kali proses bertekanan tinggi, 55 kali proses produksi, dan lebih dari seribu kali pemolesan untuk mendapatkan rangka baja kuat yang kemudian dapat digunakan sebagai kerangka OPPO R5.

Baca juga:  Infografik : Aksi Intelejen Asing Yang Terbongkar

Tidak berhenti sampai di situ, untuk mendapatkan kekuatan rangka yang superior, OPPO juga memanfaatkan proses physical vapor deposition (PVD), yaitu proses pelapisan untuk meningkatkan ketahanan rangka terhadap panas, abrasi, serta karat. Proses PVD ini meningkatkan kekuatan permukaan smartphone R5 dari 250 HV ke 400 HV.

Smartphone Tipis Oppo R5

“Konstruksi R5 dirancang secara ergonomis menggunakan bingkai micro-arc; lengkungan di sisi atas sedikit lebih panjang daripada lengkungan di sisi bawah sehingga memberikan kenyamanan saat digenggam,” katanya.

Bingkai dari baja yang kuat saja tidak cukup untuk membuat smartphone super tipis ini anti bengkok. Para teknisi OPPO melakukan terobosan dengan mendesain rangka R5 dalam bentuk menyerupai huruf C yang diperkuat secara khusus sehingga membuat R5 memiliki daya tahan yang tinggi dan tahan terhadap tekanan tinggi. (dhi/dew)

Baca juga:  Sukhoi Su-27/30 Siap Unjuk Gigi Meriahkan HUT TNI AU di Jakarta

Berikut bukti ketangguhan smartphone tertipis OPPO R5 yang diklaim anti bengkok.

Sumber: [wp_colorbox_media url=”http://oppo.liputan6.com/read/2145389/smartphone-tertipis-oppo-r5-diklaim-anti-bengkok” type=”iframe” hyperlink=”Liputan6″]