TNI AL Gelar Latihan Cyber Warfare

Latihan ini digelar selama 3 hari yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan personel.

0
211
Ilustrasi-Latihan-Cyberwafare-TNI-AL-wwwDOTdailytechDOTcom
Ilustrasi-Latihan-Cyberwafare-TNI-AL-wwwDOTdailytechDOTcom

DimasBagus.com – Tentara Indonesia Angkatan Laut () menggelar Tahun 2016 di Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (07/06). Latihan itu bertujuan untuk menciptakan sekaligus menggali pengetahuan dan kemampuan personel pengawak sistem komputer dan jaringan internet dalam melaksanakan operasi cyber pada konteks pertahanan cyber Angkatan Laut melalui ruang/media siber (cyberspace).

Asisten Operasi (Asops) KSAL, Laksamana Muda TNI I.N.G.N. Ary Atmaja, mengatakan bahwa latihan Cyber Warfare penting untuk mengantar sekaligus memperkenalkan konsep peperangan di masa mendatang yaitu konsep peperangan domain kelima atau peperangan siber. Menurutnya, TNI AL harus mampu menyelenggarakan operasi siber sebagai wujud pertahanan siber angkatan laut.

Baca juga:  Alexander Downer : Terkuaknya Penyadapan SBY Merugikan Australia

Macam latihan Cyber Warfare terdiri dari latihan taktis dan teknis tanpa pasukan dengan metode diskusi, drill dan praktek. Materi yang diberikan dalam latihan yang digelar selama 3 hari ini meliputi pengenalan berbagai bentuk ancaman cyber, perkembangan cyber serta latar belakang timbulnya konsep cyber security, cyber crime dan cyber defense, pengenalan konsep operasi cyber TNI Angkatan Laut dan pengenalan basic cyber war challenge.

Baca juga:  Indonesia Tempatkan Apache Dekat Laut China Selatan

Latihan ini diikuti oleh 100 orang yang terdiri dari staf latihan, tim penasihat, peninjau, penilai dan evaluasi serta pelaku latihan yang berasal dari Mabesal, Koarmatim, Koarmabar, Kolinlamil, Kormar, Kobangdikal, AAL, dan Seskoal.