DimasBagus.com – Beberapa waktu lalu, para pengguna dihebohkan dengan sebuah pesan berantai yang berisi gambar dengan diikuti pesan “Don’t touch here” yang dipercaya bisa membuat ngehang atau berhenti sesaat.

Promo Perlengkapan Bayi

Meskipun banyak yang menduga bahwa pesan tersebut merupakan hoax, banyak juga yang sudah membuktikan keaslian pesan tersebut.

Jika kamu dengan sengaja menekan tombol hitam yang ada pada pesan tersebut, maka aplikasi WhatsApp akan mengalami hang sesaat dan keluar dengan sendirinya.

Baca juga:  6 Key Pointers SEO 2014

Namun pesan tersebut tak berlaku bagi pengguna WhatsApp di iOS dan mereka yang mengakses WhatsApp melalui komputer.

Dilansir dari brilio.net dari Androidterritory, Minggu (6/5), dalam pesan tersebut mempresentasikan karakter dalam format kode pemrograman ASCII. Dengan kata lain di dalam pesan tersebut, sebenarnya tersembunyi ribuan karakter berupa simbol, huruf, dan angka yang akan membebani kinerja WhatsApp.

WhatsApp biasanya akan mengatasi pesan yang terlalu panjang dengan memberi embel-embel ‘read more’ pada pesan yang memiliki banyak karakter. Hal tersebut bertujuan agar smartphone kamu hanya akan menayangkan sedikit karakter dalam waktu singkat.

Baca juga:  7 Tablet Terbaik 2015

Sedangkan dalam pesan berantai tersebut, WhatsApp dipaksa untuk menayangkan ribuan karakter secepat mungkin yang akhirnya membuat kinerja aplikasi tersebut menjadi sedikit terganggu dan mengalami crash.

Tapi nggak perlu khawatir, buat kamu yang sudah terlanjur menekan tombol hitam tersebut, aplikasi WhatsApp kamu nggak akan mengalami hang dalam waktu yang lama.

Begitu aplikasi WhatsApp tertutup dengan sendirinya, kamu hanya perlu menunggu beberapa saat kemudian untuk kembali membuka aplikasi instant messenger tersebut.

Baca juga:  Infografik : Bagaimana Social Media Berkembang Secara Global

Ini bukan kali pertama para pengguna WhatsApp dihebohkan dengan pesan berantai serupa. Sebelumnya juga sempat ada pesan berisi imbauan untuk tidak menekan kode error 4.4.4.4 yang bisa membuat handphone kamu blank.

Artikekl ini sudah pernah tayang di Brilio.net pada 6/5/2018 dengan judul “ gara-gara tombol hitam, begini lho penjelasannya”. Baca selengkapnya!

Jika Hari Ini Pemilihan Presiden 2019, Anda Pilih Siapa?