DimasBagus.com – Setelah letusan pertama, mengalir ke beberapa ruas jalan di bagian tenggara Distrik Leilani Estates, . Erupsi dilaporkan terus terjadi di , setelah gempa bumi besar pertama sejak 43 tahun terakhir, mengguncang Pulau Besar (Big Island ) pada Sabtu, 5 Mei 2018.

Promo Perlengkapan Bayi

Gempa gunung api berkekuatan 6,9 skala Richter (SR) itu menghantam wilayah konservasi di dekat Leilani Estates, sebuah distrik berpenduduk 2.000 orang yang berjarak 220 mil (sekitar 354 kilometer) dari Honolulu, pada Jumat malam, 4 Mei 2018.

Dikutip dari Time.com, Senin (7/5/2018), tidak hanya menyebabkan gempa bumi besar pertama sejak 1975, meningkatnya aktivitas gunung api teraktif di Hawaii itu juga memicu retakan di beberapa titik di Leilani Estates, yang mendorong aliran lava mengalir ke area permukiman warga.

Baca juga:  Video: Seorang Ibu Nekat Masuk Tol Tanpa Menggunakan Helm, Alhasil Kejar-kejaran dengan Polisi

Lembaga geologi Amerika Serikat (AS), USGS, melaporkan, tujuh hingga delapan retakan muncul di Leilani Estates, di mana beberapa di antaranya menyemburkan lava yang disertai kobaran api.

Sebelumnya, aktivitas vulkanik Gunung Kilauea menyebabkan serangkaian gempa bumi di Big Island Hawaii sejak awal pekan lalu, dan berujung pada letusan pertama yang terjadi pada Kamis malam, 2 Mei 2018.

Letusan awal itu mendorong aliran lava ke bagian tenggara Distrik Leilani Estates, memblokir beberapa ruas jalan, dan membuat ribuan orang dievakuasi.

Dorongan lava juga menyebabkan dinding kawah Pu’u Oo runtuh, sehingga memicu muntahan asap dan uap panas yang membumbung tinggi ratusan meter ke udara.

Baca juga:  Video : Operasi darat Latgab TNI 2013

Usai erupsi pertama, USGS juga melaporkan adanya gempa berkekuatan 6,9 skala Richter yang terjadi pada Jumat, 4 Mei 2018. Gempa ini menyebabkan munculnya enam retakan di sekeliling gunung api tersebut.

Menurut laporan kantor berita Associated Press, sekitar 10 ribu orang penduduk di sekitar Gunung Kilauea didesak untuk segera menyiapkan evakuasi sejak Selasa, 1 Mei 2018.

Distrik Lelilani Estates disebut sebagai wilayah dengan dampak kerusakan paling serius. Aliran lava gunung api tersebut dilaporkan menghancurkan 26 rumah.

Artikel ini sudah pernah tayang di Liputan6.com pada 7/5/2018 dengan judul “Lava Gunung Kilauea di Hawaii Hancurkan 26 Rumah”.

Jika Hari Ini Pemilihan Presiden 2019, Anda Pilih Siapa?
  • Add your answer
Baca juga:  Video Ganjar Pranowo Memarahi Petugas Jembatan Timbang Beredar