5 Lokasi Terbaik Melihat Gerhana Bulan Total Nanti Malam, Kuy Lah!

Yuk nontong bareng gerhana Bulan di lokasi yang super kece ini.

0
90
Lokasi Terbaik Menyaksikan Gerhana Bulan Total (pinterestDOTcom-Claire Matz)
Lokasi Terbaik Menyaksikan Gerhana Bulan Total (pinterestDOTcom-Claire Matz)

DimasBagus.com – Menyambut fenomena alam gerhana Bulan total pada 31 Januari mendatang, baik Badan Meteorolgi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menempatkan beberapa lokasi pengamatan gerhana Bulan total di Indonesia.

Promo Perlengkapan Bayi

Melansir Republika.co.id, BMKG menyebutkan bahwa tempat ideal untuk melihat fenomena alam ini adalah arah timur yang tidak terhalang gunung atau gedung dan cuaca yang bagus.

“Ada beberapa lokasi ideal untuk pengamatan fenomena super blue blood moon, seperti Observatorium Bosscha, Pulau Seribu, Ancol, Planetarium Jakarta, TMII, Museum Fatahilah, Situ Babakan, Kampung Betawi dan Bukittinggi,” papar Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati.

Dwi memaparkan bahwa tidak butuh alat khusus untuk melihat gerhana Bulan total karena tidak berbahaya bagi mata. Dia juga menjelaskan bahwa gerhana Bulan total akan mulai pada 18.48 WIB dan berakhir pada 22.11 WIB dimana puncak gerhana Bulan total akan terjadi pada 20.29 WIB.

Lokasi Terbaik Melihat Gerhana Bulan Total

Selain daftar lokasi di atas yang direkomendasikan oleh pihak BMKG, ada beberapa lokasi terbaik lagi nih gaes yang bisa kamu singgahi untuk menikmati fenomena gerhana Bulan Total nanti malam, 31 Januari 2018. Beberapa diantaranya memiliki pemandangan yang super indah dan makin menambah cantik saat diabadikan dengan kamera kamu.

1. Kawasan Pegunungan

Bromo Malam Hari - (Taken & Copyright by andypavlovDOTcom)
Bromo Malam Hari – (Taken & Copyright by andypavlovDOTcom)

Kawasan pegunungan menjadi spot menarik untuk melihat gerhana Bulan. Ini dikarenakan letak lokasi di dataran tinggi. Dataran tinggi merupakan tempat yang tepat untuk menikmati gerhana Bulan.

Selain berada di dataran tinggi, di pegunungan juga tidak banyak cahaya yang dapat mengganggu pandangan ketika melihat gerhana Bulan. Apalagi ketika cuaca sangat cerah, bintang bertaburan di langit turut menghiasi keindahan fenomena gerhana Bulan.

Beberapa lokasi pegunungan yang super indah yaitu Rinjani, Bromo dan Merapi atau pegunungan lainnya yang menurut kamu indah banget. Yuk lah cabs ke lokasi nanti malam.

2. Bangunan Candi

Keindahan Candi Borobudur - DandapaniDOTOrg
Keindahan Candi Borobudur – DandapaniDOTOrg

Lokasi-lokasi peninggalan dan pariwisata seperti candi juga bisa jadi lokasi strategis untuk menyaksikan gerhana Bulan total. Kamu bisa mengabadikan keindahan gerhana Bulan dengan mengikutsertakan objek-objek candi yang artistik. Wooow kerennn…!

Bangunan candi yang bisa dijadikan objek foreground diantaranya candi Prambanan, candi Borobudur dan candi-candi lainnya.

3. Monas

Menyaksikan Gerhana Bulan dari Monas - nfoastronomyDOTorg
Melihat Gerhana Bulan dari Monas – nfoastronomyDOTorg

Bagi warga Jakarta yang bertempat tinggal tak jauh dari tugu Monas, bisa banget nih ke sini. Kamu bisa melihat gerhana Bulan total nanti malam sambil mengabadikannya dengan foreground Monas. Dijamin foto kamu bakalan kece.

4. Pantai

Pantai Jadi Lokasi Strategis Menyaksikan Fenomena Gerhana - EscapeDOTcomDOTau
Pantai Jadi Lokasi Strategis Menyaksikan Fenomena Gerhana – EscapeDOTcomDOTau

Lokasi pantai yang tidak banyak gedung-gedung tinggi, membuat pemandangan langit terlihat begitu luas. Polusi cahaya pun juga minim. Yuk ah datang ke lokasi pantai favorit kamu, saksikan momen gerhana Bulan super blue blood moon nanti malam.

5. Perbukitan

Foto Indah Gerhana Bulan di Perbukitan - theconversationDOTcom
Foto Indah Gerhana Bulan di Perbukitan – theconversationDOTcom

Meski tidak setinggi dataran pegunungan, perbukitan juga bisa jadii lokasi yang bagus untuk melihat gerhana Bulan total. Contohnya kamu bisa datang ke bukit bintang Yogyakarta, paralayang Batu Malang, paralayang Puncak, bukit Moko Bandung dan bukit-bukit lainnya.

Kuy lah datangi lokasi terbaik melihat gerhana Bulan total di kotamu. Jangan lupa bawa kamera dan lensa tele untuk mengabadikan momen langka ini. Selamat menyaksikan.

Jika Hari Ini Pemilihan Presiden 2019, Anda Pilih Siapa?