Cara Melihat Gerhana Bulan Yang Mudah Dan Nyaman

Gerhana bulan kali ini akan terlihat lebih WAHHH, karena seiring dengan berlangsungnya supermoon!

0
66
Gerhana Bulan Total yang Juga Disebut Rare Blue Moon Eclipse - WRALDotcom
Gerhana Bulan Total yang Juga Disebut Rare Blue Moon Eclipse - WRALDotcom

DimasBagus.com – Seperti yang kita ketahui bahwa untuk melihat Matahari total diperlukan alat berupa filter yang berguna untuk mengurangi silau cahaya yang dapat merusak mata. Lalu, bagaimana untuk melihat ? Yuk ikuti cara mudah dan nyaman menikmati 2018.

Promo Perlengkapan Bayi

Gerhana Bulan merupakan astronomis yang jarang terjadi. Berbeda dengan gerhana Matahari, gerhana Bulan dapat dinikmati tanpa harus menggunakan alat, terutama filter. Anda cukup keluar ruangan dan langsung melihatnya dengan mata telanjang.

Terjadinya gerhana Bulan yaitu pada fase Bulan purnama, dimana Matahari, Bumi dan Bulan berada sejajar pada garis lurus dibidang orbitnya masing-masing. Pada saat itulah kita bisa melihat gerhana Bulan terjadi, tentunya kita yang berada di sisi malam Bumi.

Baca juga:  10 Keunggulan Telegram Dibanding WhatsApp yang Harus Kamu Ketahui

Melihat gerhana Bulan cukup aman, baik itu gerhana parsial, penumbra maupun total. Kita tidak perlu menggunakan filter, sebab cahaya Bulan yang tampak adalah pantulan dari sinar Matahari dan tidak silau.

Cara Menikmati Gerhana Bulan

Jangan Lewatkan Gerhana Bulan, Lunar Eclipse, Supermoon 31 Januari 2018 Malam - Freep.com
Jangan Lewatkan Gerhana Bulan, Lunar Eclipse, Supermoon 31 Januari 2018 Malam – Freep.com

1. Cuaca

Beruntunglah jika saat malam gerhana Bulan terjadi dalam kondisi cerah. Sebab kita tidak akan bisa melihat proses terjadinya gerhana Bulan jika mendung dan hujan. Jika kebetulan di daerah kamu sedang hujan, carilah lokasi yang cerah agar peristiwa langka ini tidak terlewati.

2. Lokasi

Carilah lokasi yang cocok untuk melihat gerhana Bulan. Karena untuk dapat melihat gerhana Bulan, tentunya Anda harus berada di sisi malam Bumi saat gerhana Bulan terjadi. Lokasi dengan minim cahaya seperti di pedesaan atau dataran tinggi lebih baik. Apalagi jika tidak terdapat cahaya sama sekali, kita bisa melihat gerhana Bulan dengan jelas.

Baca juga:  Build Backlinks – 14 Easy Ways

Pastikan lokasi tersebut juga aman, baik dari kontur lokasi, binatang liar maupun tindak kriminal. Sehingga Anda dapat tetap fokus menikmati momen langka ini.

3. Gunakan Teropong/Binokuler, Teleskop

Untuk dapat menikmati gerhana Bulan memang tidak perlu menggunakan filter. Mata telanjang pun juga dapat melihat momen langka tersebut. Namun, tidak ada salahnya jika kita gunakan teropong atau binokuler.

Dengan menggunakan teropong, kita bisa mengamati proses gerhana Bulan terjadi dengan lebih jelas. Teropong memudahkan kita mengamati perubahan warna saat proses gerhana Bulan terjadi.

Untuk lebih jelas lagi, penggunaan teleskop direkomendasikan. Mengamati gerhana Bulan total dengan teleskop akan jauh lebih jelas, bahkan permukaan bulan terlihat cukup detil. Teleskop menampilkan citra yang lebih detil ketimbang teropong. Anda juga dapat menghubungkan kamera DSLR ke teleskop untuk mengabadikan momen tersebut.

Baca juga:  Video : Hacker Anonymous Australia Ancam Akan Meretas Situs Situs Indonesia, Termasuk Portal VIVA

4. Pakaian dan Camilan

Pakailah pakaian hangat, celana panjang dan jaket untuk mengantisipasi dinginnya malam dan nyamuk. Jangan ketinggalan aneka camilan dan minuman untuk melengkapi kenikmatan mengamati proses gerhana Bulan hingga tuntas.

5. Bersama Keluarga

Daripada sendirian, menikmati momen gerhana Bulan lebih seru bersama kekluarga. Anda bisa berbagi keseruan saat fase-fase gerhana Bulan terjadi. Menjadikannya sebuah pengalaman menarik bersama keluarga menikmati gerhana Bulan.

Yup, itulah beberapa tips cara melihat gerhana Bulan total yang mudah dan nyaman. Semoga bermanfaat dan selamat menikmati.


Jika Hari Ini Pemilihan Presiden 2019, Anda Pilih Siapa?