Cek Aki Motor Sekarang Kalau Nggak Mau Apes Di Jalan!

Motor kamu pakai banyak aksesoris lampu? Baca nih.

0
24
Aki Motor Global
Aki Motor Global

DimasBagus.com – Tengah malem pulang kerja bawa , jalan sepi, udah gitu ngelewatin kampung orang eh mogok. Bayangin abis mimpi apa coba. Mau cari bengkel pastinya nggak ada yang buka. Coba oprek sana oprek sini, eh taunya aki tekor. PR banget malem-malem dorong sampe rumah.

Sebelum kejadian seperti itu, ada baiknya kita rutin cek motor agar tetap nyaman saat berkendara. Mulai dari lampu, rem, ban, hingga aki. Aki merupakan komponen yang sangat penting. Perlu dilakukan pengecekan secara rutin. Jika aki basah tentunya bisa melihat isi air aki. Jika sudah berkurang dari batas yang seharusnya, segera lakukan isi ulang.

Untuk aki kering, biasanya dari lama pakaian dari saat membeli aki tersebut. Jika sudah waktunya, lebih baik agan waspada. Atau jika ingin lebih aman cek rutin ke tukang aki, apakah aki tersebut masih aman untuk dipakai.

Baca juga:  Ganti Oli Mobil yang Tepat dan Benar

Jika memang kalian harus ganti aki, nih ada beberapa tips membeli aki motor bagus biar awet dan ketahui cara perawatannya.

1. Kemasan Tersegel

Jika ingin membeli aki baru, pastikan agan melihat langsung bahwa aki yang diambil adalah aki yang dibuka dari box yang masih tersegel. Ini untuk memastikan aki tersebut benar-benar baru dan bukan aki bekas.

2. Aki Di Toko Resmi

Usahakan ketika ingin mengganti aki jangan sampai keburu tekor alias mau nggak mau dorong, terus seketemunya bengkel aki lalu beli. Mendingan sebelum tekor, jika memang sudah waktunya ganti ya langsung aja ke toko spesialis aki yang memang sudah terkenal kualitas barangnya bagus. Jika perlu ke toko resmi penjual aki.

Baca juga:  Dapatkan Mobil Bekas Anda dengan Down Payment Sebesar Rp 0

3. Pastikan Bukan Stok Lama

Yang satu ini perlu dicermati saat ingin membeli , yaitu bukan stok lama. Kalau agan apes dan dapatnya aki stok lama, Hmmm, aki tersebut bisa jadi usia pakainya nggak sesuai dengan standard usia pemakaian. Pastikan tahun pembuatan si aki tersebut.

4. Cek Tegangan

Buat lebih memastikan lagi nih gan. Setelah aki terpasang, cek tegangannya. Normalnya aki motor itu ada di tegangan 12,3-12,6 volt. Kalau dibawah itu, bisa jadi agan berpotensi kena kibul penjual aki.

Baca juga:  Porsche Macan Keok Terjebak di Dalam Pasir

5. Perawatan

Jangan lebay menggunakan aksesoris motor. Terutama penggunaan lampu yang membutuhkan arus listrik besar. Lalu pemasangan modifikasi aksesoris motor yang melibatkan kelistrikan juga bisa membuat aki tekor jika pemasangannya tidak rapih dan benar.

Jangan paksakan nyalain motor pakai starter elektrik kalau susah nyala. Sebelum motor digunakan, biasakan motor dinyalakan terlebih dahulu, minimal 5 hingga 15 menit. Selalu periksa ketinggian air aki (aki basah), jangan sampai dibawah batas minimum.

Periksa kondisi kedua terminal aki, pastikan tidak ada kebocoran pada bagian sambungan atau katup terminal aki. Cek juga apakah ada kebocoran pada badan aki.

Gimana, cukup bermanfaat nggak gaes? Semoga bisa berkendara dengan aman dan nyaman.