Tips Membeli Aki Motor Yang Bagus

Nggak usah pusing, berikut tipsnya.

0
86
Tip Membeli Aki Motor
Tip Membeli Aki Motor

DimasBagus.com – Jika Anda sedang mencari tips membeli yang bagus, maka Anda masuk ke halaman situs yang tepat. Yap, kali ini saya akan memberikan beberapa tips yang mungkin Anda belum ketahui.

Promo Perlengkapan Bayi

Seperti kita ketahui aki adalah komponen yang sangat penting. Aki pun terdiri dari dua jenis, yaitu aki basah dan kering. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan dan ini dikembalikan kepada Anda. Kebutuhan aki yang seperti apa yang cocok untuk Anda.

Aki berfungsi sebagai penyuplai arus listrik pada motor, yaitu untuk starter, menyalakan lampu utama, sein, lampu rem, security system, dll. Jika aki motor Anda soak, maka komponen-komponen listrik pada motor Anda akan terganggu. Terutama pada aki basah yang mudah menguap dan cepat rusak jika tak terawat dengan baik.

Baca juga:  Cewek Cantik ini Nyemplung Got saat naik Motor, Para Pria Sigap Rebutan Nolongin!

Kadang kala kita tidak mengetahui apa penyebab aki motor bisa soak alias tekor. Sehingga pemakaian pun tidak terkontrol dengan apik dan aki jadi rusak. Ketika aki sudah rusak sebaiknya Anda membeli aki baru. Berikut tips membeli aki motor bagus dan awet yang harus kamu ketahui.

1. Cek Kode Tanggal Produksi

Agar tidak terjadi kerugian pada Anda, sebelum membeli wajib mengecek tanggal produksi aki tersebut. Aki yang terlampau lama tersimpan di gudang atau toko, bisa saja ada elemen yang rusak. So pastikan tidak jauh dari tanggal produksi.

Baca juga:  VIDEO: Aksi Nekat Pemotor Freestyle Acak-acak Rumah Megah Rp197 Miliar

2. Beli Sesuai Tipe dan Jenisnya

Saat ingin membeli aki motor, pastikan aki yang ingin dibeli tipe dan jenisnya sesuai dengan motor Anda. Bawalah aki motor yang soak tersebut ke toko aki jika Anda ragu, tunjukan pada penjual dan minta carikan yang sama tipe dan jenisnya.

3. Ketinggian Air Aki (Aki Basah)

Saat membeli aki basah, pastikan ketinggian air aki tidak berada dibawah batas minimum atau di batas maksimum. Ketinggian air aki yang ideal yaitu ditengah-tengah batas antara minimum dan maximum.

Baca juga:  Cerai dari Kawasaki, Bajaj Kembali ke Indonesia Gandeng KTM

4. Angka CCA (Cold Cranking Ampere)

Nilai CCA juga harus diperiksa. Untuk memastikan angka CCA gunakanlah battery tester, sehinggga tenaga awal untuk start cukup nendang (kurang dari 2 detik).

Itulah beberapa tips sebelum membeli aki motor baru. Membeli aki motor yang bagus tidaklah melulu mengacu pada harga aki tersebut, melainkan pada kebutuhan motor dan kualitas aki tersebut, agar usia pakai aki dapat bertahan lama. Jangan lupa, perawatan aki penting, yuk baca tips merawat aki motor.