DimasBagus.com – Setiap negara, pasti punya patung yang khas. Biasanya, patung dibuat untuk mengenang pahlawan atau menonjolkan karya seni. Nah, tau nggak sih kalau Indonesia punya ?

Promo Perlengkapan Bayi

Patung dibuat dengan berbagai tujuan. Secara umum, patung dibuat untuk menciptakan karya seni yang dapat bertahan selama mungkin dan bisa dinikmati oleh berbagai generasi.

Tahukah kamu jika beberapa patung di dunia dibuat dengan ukuran yang tidak biasa? Ada yang kecil dan ada yang besar sampai hampir setara dengan gedung pencakar langit.

Setiap negara pasti punya patung khas yang berdiri tegak di daerahnya. Nah, buat kamu yang lagi iseng dan mau tau tentang patung tertinggi di dunia. Melansir MalangTODAY.net, Yuk simak daftarnya.

7. Christ The Redeemer, Brazil

Christ The Redeemer di Brazil - MalangTodayDOTnet
Christ The Redeemer di Brazil – MalangTodayDOTnet

Kota Rio de Janeiro di Brazil juga mempunyai salah satu patung menakjubkan di dunia yakni Christ The Redeemer (Christo Redentor).

Patung ini adalah patung raksasa yang menggambarkan Tuhan Yesus Kristus dalam kepercayaan umat Nasrani. Christ The Redeemer memiliki ukuran tinggi 39,6 meter, terhitung dari alas berdirinya.

Patung ini sangat populer dibandingkan dengan patung Yesus dari negara lain. Karena patung ini berdiri di kawasan yang memiliki panorama menakjubkan, bila dilihat dari pelabuhan Guanabara dan Lagoa Rodrigo de Freitas.

6. The Motherland Calls, Rusia

The Motherland Calls di Rusia - MalangTodayDOTnet
The Motherland Calls di Rusia – MalangTodayDOTnet

Ada kisah tragis yang pernah tercatat dalam sejarah jika kita melihat keberadaan patung The Motherland Calls yang berada di kota Volgograd, Rusia.

The Motherland Calls dibangun sebagai monumen penghormatan atas tragedi berdarah dalam pertempuran Stalingrad, pada waktu era Perang Dunia II. Yaitu peperangan antara pasukan Nazi Jerman dengan sekutunya melawan Uni Soviet untuk menguasai kota Stalingrad (sekarang menjadi Volgograd).

Baca juga:  Dimuat Daily Mail, Wacana Patung Kuntilanak di Pontianak Bikin Heboh Dunia

The Motherland Calls pada tahun 1967 pernah menjadi patung tertinggi di dunia di era tersebut yang mencapai ukuran 87 meter.

5. Patung Liberty, New York, Amerika Serikat

Patung Liberty, New York, Amerika Serikat - MalangTodayDOTnet
Patung Liberty, New York, Amerika Serikat – MalangTodayDOTnet

Statue of Liberty atau Patung Liberty adalah patung berukuran raksasa yang tingginya mencapai 46 meter (jika dihitung dari alas total 93 meter). Patung ini terletak di Pulau Liberty, di muara Sungai Hudson, New York Harbor, Amerika Serikat.

Patung ini dihadiahkan oleh Negara Perancis untuk Amerika Serikat pada akhir abad ke-19, simbol selamat datang untuk para pengunjung, imigran dan orang-orang Amerika yang telah kembali pulang ke negaranya.

Patung tersebut terbuat dari bahan dasar perunggu dan diresmikan pada tanggal 28 Oktober 1886. Patung Liberty masuk dalam daftar warisan dunia UNESCO.

Salah satu makna penting dari Patung Liberty ini adalah makna yang melambangkan kemerdekaan serta kebebasan dari tekanan atau perbudakan.

4. Ushiku Daibutsu, Jepang

Ushiku Daibutsu di Jepang - MalangTodayDOTnet
Ushiku Daibutsu di Jepang – MalangTodayDOTnet

Negara Jepang punya patung yang masuk jajaran patung tertinggi di dunia. Namanya adalah patung Ushiku Daibutsu

Tinggi patung ini hanya berselisih dua meter saja dari patung Guan Yin of the South Sea of Sanya di Tiongkok. Tinggi patung Daibutsu adalah 110 meter dan berdiri tegak di dalam kawasan Ushiku, Prefektur Ibaraki.

Daibutsu dibangun pada tahun 1993 dengan warna abu-abu gelap. Di sekeliling patung ini terdapat taman yang ditumbuhi bunga yang sangat cantik. Inilah yang menjadi salah satu daya tarik wisatawan, untuk berkunjung di samping penasaran dengan patung tersebut.

Baca juga:  @iko_uwais @YayanRuhian & @Cecep_Ar Main Bareng di Film Star Wars: The Force Awakens?

Sebetulnya patung ini memiliki tinggi total 120 meter, jika digabungkan dengan tahta bunga teratai sebagai alas patung dan juga pondasinya yang masing-masing punya ukuran 10 meter.

3. (), Indonesia

Patung GWK atau Garuda Wisnu Kencana di Bali - MalangTodayDOTnet
Patung GWK atau Garuda Wisnu Kencana di – MalangTodayDOTnet

Patung Garuda Wisnu Kencana atau patung GWK yang berada di Desa Ungasan Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali menjadi patung tertinggi ketiga di dunia.

Patung tersebut saat ini sedang dalam proses penyelesaian. Patung GWK akan menjadi patung tertinggi di dunia dan mengalahkan Patung Liberty di Amerika Serikat!

Menurut penciptanya, yaitu seorang seniman bernama Nyoman Nuarta, saat ini pengerjaan patung sudah mencapai 35 persen dan dijadwalkan akan selesai sekitar Agustus tahun 2018.

Bila tinggi Patung Liberty hanya mencapai 92 meter plus konstruksi hingga mencapai 96 meter, maka tinggi Patung GWK yang ada di Bali saat mencapai 121 meter dari atas tanah. Wow! Kita sebagai warga Indonesia harus bangga nih!

2. Laykyun Setkyar, Myanmar

Laykyun Setkyar di Myanmar @ cnnDOTcom
Laykyun Setkyar di Myanmar @ cnnDOTcom

Patung berikutnya berukuran tinggi total 130 meter. Sebenarnya patung ini nggak tinggi-tinggi amat. Tapi pepohonan dan rumput disekitarnya yang membuat patung ini terlihat tinggi. Namanya adalah Laykyun Setkyar, patung Buddha Gautama yang terletak di Monywa, Myanmar.

Jika hanya dihitung patungnya saja tanpa alas, patung ini setinggi 116 meter. Patung tersebut berada satu kawasan dengan patung Reclining Buddha. Kedua ukuran patung Buddha itu sama-sama super jumbo. Nggak sedikit wisatawan dari berbagai negara datang ke kawasan patung Laykyun Setkyar.

Baca juga:  Trend Selfie Underboob Yang Heboh dan Dicekal!

1. Spring Temple Buddha, Tiongkok

Spring Temple Buddha di Tiongkok @ cnnDOTcom
Spring Temple Buddha di Tiongkok @ cnnDOTcom

Patung tertinggi di dunia berada di Tiongkok. Ukurannya mencapai 153 meter termasuk 20 meter alas bunga teratai, dan 25 meter pondasi patung.

Kalau cuma dihitung ukuran patungnya saja, Spring Temple Buddha tetaplah menjadi yang tertinggi di dunia dengan ukuran 128 meter.

Patung yang dibangun pada tahun 2002 ini berada di Lushan, Tiongkok. Patung berwarna emas ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai negara. Setiap tahunnya ada jutaan pengunjung yang datang demi melihat patung paling jumbo yang pernah dibangun oleh umat manusia ini.

Artikel ini sudah pernah tayang di MalangToday.net pada 20/2/2018 dengan judul “Ini Dia 7 Patung Tertinggi di Dunia, Nggak Nyangka No.3 Ada di Indonesia!”.

Jika Hari Ini Pemilihan Presiden 2019, Anda Pilih Siapa?