Ini Kegagalan Jokowi Saat Jadi Wali Kota Solo Terkait Revitalisasi Pasar

0
40
Debat Capres 2014 Jokowi Jusuf Kalla
Debat Capres 2014 Jokowi Jusuf Kalla. (Tribunnews)

DimasBagus.com – Menurut ketua DPP-IKAPPI,┬áImam Hadi Kurnia, kegagalan saat jadi wali kota solo adalah kebijakan mengenai revitalisasi pasar. Hingga saat ini banyak pasar yang dibangun sepi aktivitas perdagangan.

“Pasar Pucang Sawit dan Panggungrejo contohnya. Pasar tersebut hingga detik ini masih sepi oleh pedagang maupun pembeli. Ada juga Pasar Windu Jenar atau Tri Windu yang juga bernasib sama. Pasar Ngarsopuro, Pasar Klitian, Pasar Nusukan semua juga mengalami nasib yang sama banyak kios kosong tidak ada pedagang,” kata Ketua Bidang Organisasi Dewan Pengurus Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (DPP-IKAPPI) Imam Hadi Kurnia, dalam siaran pers, Jakarta, Minggu (6/7).

Selain itu, Imam mengemukakan, Jokowi juga memaksakan revitalisasi bangunan Pasar Klewer yang sebenarnya masih layak. Saat itu, IKAPPI telah mengingatkan Jokowi bahwa langkahnya dalam membangun, mengelola, dan melindungi pasar tradisional salah.

Baca juga:  Bingung? Ini Tips Memilih Kado yang Pas untuk Wanita

“Bagi IKAPPI, standar sukses dalam mengelola pasar bukanlah di ukur dari Acara Kirab Boyongan atau megah tidaknya bangunan pasar tetapi pada variabel yang jelas berupa tingkat keramaian pembeli dan besar kecilnya omzet para pedagang di pasar tersebut,” katanya.

Sayangnya, Imam melanjutkan, sampai hari ini Jokowi masih beranggapan bahwa faktor bangunan yang menjadi prioritas.

“Bila variabel itu yang di jadikan ukuran, maka apa bedanya membangun mal dengan membangun kos- kosan.”

Sumber: Merdeka.com