Keahlian Para Hacker RI Bisa Digunakan Menangkal Penyadapan

0
27
Hacker Anonymous
Hacker Anonymous

Berita penyadapan yang dilakukan Amerika Serikat dan Australia kepada Indonesia, kian ramai setelah sekelompok peretas Anonymous yang mengaku dari Indonesia, sukses mengubah tampilan sejumlah laman web Australia. Aksi para peretas itu kemudian disebut-sebut pembalasan atas penyadapan itu.

Staf Khusus Presiden Bidang Luar Negeri, Teuku Faizasyah, menegaskan bahwa pemerintah tidak bisa berbuat banyak atas aksi peretas itu. Pemerintah juga tidak bisa melarang atau membenarkan tindakan dari mereka.

Baca juga:  20 Trik Tipuan Kamera yang Unik dan Wajib Kamu Coba

“Aksi yang dilakukan oleh peretas bersifat individual. Jadi, dikembalikan lagi kepada individunya,” kata Teuku, di Jakarta, 9 November 2013.

Teuku juga menyampaikan bahwa dia tidak setuju apabila keahlian para anak bangsa itu dilakukan untuk kegiatan yang negatif. Pemerintah malah lebih setuju bila keahlian itu dilpakai demi menangkal penyadapan.

“Pemerintah malah setuju bila para peretas itu menyalurkan keahliannya untuk menangkal serangan penyadapan. Aksi positif dari para peretas itu akan memajukan teknologi, informasi, dan komunikasi di Indonesia,” ungkap Teuku.

Baca juga:  Dipreteli, Rahasia Keuntungan Besar iPhone 6 Terbongkar

Seperti diketahui, laman-laman di Australia yang diretas oleh grup Anonymous diubah tampilan wajahnya dengan pesan berisi “Stop Spying on Indonesia” atau berarti “Berhentilah Memata-matai Indonesia”.

Situs-situs yang diretas sepertinya dipilih secara random, namun mencapai lebih dari 100 situs.

Sumber : Viva