Kisah Lucu Tentara AS Memburu Vietcong, dari Penggunaan Gas Beracun Hingga Ular Berbisa

0
598
Kisah tentara AS memburu Vietcong
Kisah tentara AS memburu Vietcong

DimasBagus.com – Salah satu kunci kemenangan gerilyawan Vietcong melawan tentara Amerika Serikat selama perang Vietnam adalah sistem terowongan bawah tanah sepanjang ratusan kilometer. Dari terowongan itu tentara vietcong bergerak, merancang perlawanan hingga bertahan dari serangan bom tentara AS. Namun siapa sangka ada saat yang bersembunyi di dalam terowongan.

Jaringan terowongan bawah tanah itu dibuat sedemikian kecil hingga tentara AS yang memiliki postur tubuh besar tak bisa masuk. Di sekeliling pintu masuk terowongan biasanya dipasang aneka ranjau mematikan dari bambu.

Baca juga:  Pesawat Lion Air Jatuh ke Laut di Bali
Terowongan Bawah Tanah Vietcong
Terowongan Bawah Tanah Vietcong

Untuk mengelabui anjing-anjing milik tentara AS, para gerilyawan biasanya mencampur tanah di mulut terowongan dengan merica. Bau merica yang tajam membuat anjing-anjing pelacak kehilangan daya penciuman.

Ratusan kali AS mencoba menghancurkan terowongan tersebut. Namun selalu gagal.

“Mereka pernah memompa jutaan galon air dari sungai mekong lalu dialirkan ke terowongan. Namun tak masalah, karena terowongan Cu Chi punya tiga tingkat. Air dialirkan melalui tingkat yang paling bawah kembali ke Sungai Mekong. Malah air membuat udara terowongan yang panas menjadi lebih sejuk. Dalam hal ini kami harus mengucapkan terima kasih pada Amerika,” kata Taw, seorang pemandu wisata di Cu Chi Tunnels pada merdeka.com saat berkunjung ke Vietnam beberapa waktu lalu.

Beberapa waktu kemudian, AS menyemprotkan gas beracun untuk membunuh gerilyawan dalam terowongan. Dengan cara yang sama, serangan itu bisa dimentalkan.

Kisah tentara AS memburu Vietcong
Kisah tentara AS memburu Vietcong

Serangan paling mengerikan yang dilakukan AS kemudian membuang ribuan ular berbisa dan kalajengking ke dalam terowongan. Tentara AS yakin binatang berbisa ini akan membunuh banyak gerilyawan.

Namun yang terjadi sebaliknya. Ular-ular itu malah jadi santapan bagi tentara Vietcong. Para gerilyawan Vietcong dikenal hebat menangkap ular dengan tangan kosong. Mereka malah memburu ular kiriman AS itu untuk dimakan.

“Selama di dalam terowongan, makanan sangat terbatas, banyak gerilyawan kurang gizi. Ular dan kalajengking itu malah jadi makanan lezat dan menambah gizi kami. Sekali lagi kami harus ucapkan terima kasih pada tentara Amerika,” kata Taw sambil tertawa.

Sumber: [wp_colorbox_media url=”http://www.merdeka.com//kisah-lucu-vietcong-lawan-ribuan-ular-berbisa-dari-tentara-as.html” type=”iframe” hyperlink=”Merdeka.com”]