Diidentifikasi Ada 11 WNI Yang Terlibat Kecelakaan MH17 di Ukraina

0
28
Kecelakaan MH17 di Ukraina
Kecelakaan MH17 di Ukraina

DimasBagus.com – Kepala Malaysia Airlines untuk Kawasan Eropa, Huib Gorter, mengatakan masih melakukan identifikasi terhadap penumpang pesawat yang jatuh di Ukraina termasuk dugaan 11 WNI yang terlibat dalam kecelakaan MH17 di Ukraina.

Dalam konferensi pers di Bandara Schiphol, Amsterdam, Belanda, ia mengatakan telah ada penumpang yang teridentifikasi yaitu 154 warga Belanda, 27 warga Australia, 23 warga Malaysia, 11 warga Indonesia, 6 warga Inggris, 4 Jerman, 4  Belgia, tiga dari Filipina dan satu orang Kanada. Sementara seluruh awak pesawat yang berjumlah 15 orang seluruhnya adalah warga negara Malaysia.

Baca juga:  Miris, Pemakaman Mumi di Bongkar Gara-gara Masa Sewa Habis

Huib menambahkan usai insiden yang terjadi, maskapai lain saat ini telah mengumumkan untuk menghindari rute timur Ukraina.

Pejabat Kementerian Dalam Negeri Ukraina mengatakan sebanyak 280 penumpang dan 15 kru pesawat Malaysia Airlines MH17, dinyatakan tewas akibat ditembak oleh kelompok militan Ukraina pro Rusia. Koresponden Reuters di Ukraina, melaporkan puluhan jasad terlihat berceceran di dekat desa Grabovo. Dia juga melihat serpihan pesawat MH17 di lokasi tersebut.

Baca juga:  TNI AU Kunjungi Pameran Dirgantara MAKS 2015

BBC edisi Kamis, 17 Juli 2014 melansir baik dari Pemerintah Ukraina dan kelompok pemberontak telah membantah menembak jatuh pesawat MH17 di daerah yang dekat dengan perbatasan Rusia. Analisa seorang pakar pertahanan yang dikutip BBC menyebut pesawat MAS ditembak jatuh menggunakan pesawat tempur yang membawa rudal.

Diduga pesawat MH17 ditembak rudal dan jatuh ketika sedang berada di ketinggian 10 ribu meter. Untuk bisa menjangkau pesawat itu, membutuhkan serangan rudal melalui udara. Kemungkinan besar, serangan itu dipandu menggunakan radar.

Baca juga:  Mencegah Kanker Serviks

Perdana Menteri Ukraina, Areseny Yatseniuk melalui juru bicaranya, Olga Lappo, telah memerintahkan sebuah penyelidikan menyeluruh untuk mengetahui penyebab pesawat sipil itu dijadikan sasaran tembak.

Sumber: VIVA.co.id