Foto: Puing Kecelakaan MH17 di Ukraina, MAS akan Gunakan Rute Alternatif

0
243
Emergencies Ministry member works at the site of a Malaysia Airlines Boeing 777 plane crash in the settlement of Grabovo in the Donetsk region
Emergencies Ministry member works at the site of a Malaysia Airlines Boeing 777 plane crash in the settlement of Grabovo in the Donetsk region

DimasBagus.com – Malaysia Airlines menyatakan seluruh penerbangan Eropa yang dioperasikan maskapainya akan mengambil rute alternatif. Seperti diketahui, pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH17 dari Amsterdam ke Kuala Lumpur jatuh di wilayah Ukraina pada Kamis, 17 Juli 2014.

Promo Perlengkapan Bayi

Ada dugaan pesawat jatuh karena MH17 ditembak rudal dan puing pun terlihat berserakan. Meski demikian Malaysia Airlines menegaskan bahwa pesawat tidak membuat panggilan darurat.

Baca juga:  Artiphon Instrument 1, Alat Musik yang Bisa Jadi Biola, Gitar, Hingga Piano Alias Multi Instrument

Dalam pernyataannya yang dirilis Jumat, 18 Juli 2014, Malaysia Airlines juga menyatakan bahwa rute yang dilalui MH17 telah dinyatakan aman oleh Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (International Civil Aviation Organization/ICAO).

Baca juga: Diidentifikasi Ada 11 WNI Yang Terlibat Kecelakaan MH17 di Ukraina

Saat jatuh, pesawat nomor penerbangan MH17 tengah mengangkut 298 orang, terdiri dari 284 penumpang dewasa, tiga bayi dari berbagai negara dan 15 awak berkebangsaan Malaysia.

Baca juga:  Perbedaan Menyikapi Kritikan Antara Jokowi, SBY dan Prabowo

“Beberapa kebangsaan penumpang belum ditentukan,” ujar Malaysia Airlines.
Kebangsaan     Total
Belanda     154
Malaysia     43 (termsuk 15 kru dan 2 bayi)
Australia     27
Indonesia     12 (termasuk 1 bayi)
Inggris     9
Jerman     4
Belgia     4
Filipina     3
Kanada     1
Tidak terverifikasi     41
Total     298

Saat ini, Malaysia Airlines tengah dalam proses memberitahukan kerabat penumpang dan awak MH17 mengenai insiden ini. Mereka juga menyatakan fokus bekerjasama dengan pemerintah dan tanggap darurat bencana untuk memobilisasi dukungan penuh dalam menyediakan kebutuhan untuk kerabat penumpang dan awak pesawat.

Baca juga:  Mengenal Pesawat R80 Buatan BJ Habibie Bersama Ilham Habibie

Selain itu, Malaysia Airlines mengirimkan relawan dan sekelompok perawat ke Amsterdam untuk membantu anggota keluarga dari penumpang.

Berikut puing kecelakaan MH17 di Ukraina.

Sumber: VIVA.co.id & Reuters

Jika Hari Ini Pemilihan Presiden 2019, Anda Pilih Siapa?