KRI Nagapasa, Nama Kapal Selam Terbaru Indonesia

Selamat bergabung KRI Nagapasa 403 :-)

0
710
KRI Nagapasa 403 Melalukan Sea Trial - photo : pr1v4t33r
KRI Nagapasa 403 Melalukan Sea Trial - photo : pr1v4t33r

DimasBagus.com – Belakangan santer tersiar di Facebook dan forum militer terkait nama kapal selam ketiga milik TNI AL yang disebut-sebut bernama KRI Nagabanda. Tapi, dugaan tersebut keliru. Nama kapal selam terbaru itu adalah KRI Nagapasa dengan nomor lambung KRI 403.

Logo KRI Nagapasa 403 - Photo By Puguh Purwandaru, FB Alutsista Indonesia
Logo KRI Nagapasa 403 – Photo By Puguh Purwandaru, FB Alutsista Indonesia

Berita terakhir yang beredar di sosial media dan forum militer, kapal selam Nagapasa ini sedang melakukan sea trial atau uji kelayakan. Beberapa foto juga menampilkan kapal selam ketiga ini lengkap dengan nomor lambung yang sudah tersemat, yaitu 403.

Baca juga:  Marsekal Djoko Suyanto, Sekelumit Kisah Menjadi Panglima TNI
KRI Nagapasa 403 Diresmikan - Foto Youtube Kepo-kepoan
KRI Nagapasa 403 Diresmikan – Foto Youtube Kepo-kepoan

KRI Nagapasa 403 diperkenalkan secara resmi ke publik pada 24 Maret 2016, namun tidak langsung diumumkan nama dari kapal selam tersebut. Hingga akhirnya baru kali inilah nama kapal selam tersebut diumumkan.

Melihat pada sejarah kapal selam yang pernah dimiliki Indonesia yaitu Whiskey class, seharusnya nama kapal selam urutan ketiga ini bernama KRI 403 Nagabanda. Namun dugaan tersebut meleset. Ini dibarengi dengan munculnya foto logo kapal bertuliskan “KRI Nagapasa 403” dan “Wimanasara Raksaka Arnawa” di jejaring sosial media Facebook.

Baca juga:  Mengintip Latihan Kopaska TNI AL 'Hellweek' yang Bikin Merinding

Jadi, terjawablah sudah dugaan-dugaan nama yang akan diberikan pada kapal selam ketiga pesanan Indonesia ini. Sedikit mengulas, kapal selam KRI 403 Nagapasa ini dibuat di Korea Selatan melalui galangan DSME, dimana proses pengadaannya hingga tiga unit dan disertakan Transfer of Technology.