Peluncuran Domain .id Sebagai Premium Domain

0
23
Domain .id
Domain .id

Domain.id telah disetujui oleh Forum Nama Domain Indonesia, pemangku kebijakan tertinggi nama domain internet di Indonesia pada Selasa, 17 Desember 2013. Pengelola Nama Domain Indonesia (Pandi) akan melangsungkan untuk publik pada 17 Agustus 2014.

Dengan adanya maka nantinya seseorang dapat memberikan alamat nama domain apapun dengan akhiran .id. Saat ini di Indonesia domain yang berakhiran .id adalah .web.id, .co.id, dan .or.id. Misalnya, website ini, saat ini menggunakan domain http://dimasbagus.web.id apabila ingin memakai domain .id, maka akan menjadi http://dimasbagus.id, domain yang sangat menarik bukan ?.

Baca juga:  TNI Juara Umum Lomba Tembak BISAM di Brunei Darussalam

Menurut Pandi, domain .id akan di jadikan domain premium, dengan harga Rp. 500.000/th (Sebelum Pajak). Publik baru bisa membeli domain .id pada tanggal 17 Agustus 2014. Namun sebelum itu ada tahapan-tahapan sebelum peluncuran domain .id. Tahap pertama adalah sunrise, yaitu periode khusus bagi pemegang merek (yang terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM) untuk membeli domain .id sesuai merek yang mereka miliki. Tahapan ini akan berlangsung selama tiga bulan mulai 20 Januari 2014.

Baca juga:  5 Aplikasi Android Terpopuler Buatan Anak Negeri

Tahap kedua adalah Grandfather, yang berlangsung selama dua bulan setelah Sunrise. Pada tahapan ini pemilik domain .id bisa mendaftarkan domain mereka. “Misalnya pemilik kursi.co.id bisa mendaftarkan kursi.id,” kata Andi.

Tahap ketiga disebut sebagai Landrush. Ini adalah tahapan berebut nama domain yang berlangsung selama dua bulan. Tentunya, pengajuan nama domain harus memenuhi syarat.

Pada ketiga tahapan tersebut, apabila terjadi sengketa (dua atau lebih pendaftaran nama domain yang sama-sama memenuhi syarat) maka bisa dilakukan lelang. Selain itu, Andi mengatakan, akan berlaku biaya pendaftaran dan biaya akuisisi nama domain pada tahapan-tahapan tersebut.

Baca juga:  Technical Draw di Ronde 3, Chris John Pertahankan Gelar

Setelah tiga tahapan itu selesai, pengguna bisa mendaftarkan domain .id dengan prinsip “first come, first serve”, sebagaimana umumnya berlaku.

Anda berminat untuk beralih ke domain .id ?