DimasBagus.com – Ada trend baru yaitu sepeda listrik ala cafe racer. Inovasi ini muncul dari sejumlah perusahaan otomotif yang kini mulai melirik produk kendaraan ramah lingkungan sebagai solusi mengurangi polusi udara. Meski transportasi umum sudah banyak dipilih masyarakat dunia, namun banyak pula yang ingin menggunakan kendaraan secara pribadi.

Kebutuhan itu kemudian coba dilirik Tempus, sepeda listrik yang syarat dengan penampilan futuristik. Model yang dikeluarkan dengan nama CRT1 As itu memiliki wujud jauh dari sepeda listrik kebanyakan. Tempus CRT1 As dikatakan mampu menawarkan pembesutnya tak perlu mengayuh sepeda hingga puluhan mil. Demikian dilansir Autoevolution, Jumat 6 Januari 2017.

Baca juga:  Mobil Masa Depan, tanpa Mesin, tanpa Transmisi
Tempus Electric Bike
Tempus Electric Bike

Tempus CR-T1 memang berwujud eksentrik. Dijamin siapa saja yang menungganginya akan terlihat ‘menonjol’ di jalanan. Sepeda listrik itu bisa berlari dengan kecepatan 32 kilometer per jam, dan nyaris tanpa Anda harus gerakkan kaki untuk mengayuhnya.

CR-T1 memiliki wujud yang kurus, karena kerangka dibiarkan terbuka layaknya sepeda pada umumnya. Namun, ada beberapa perangkat yang mirip digunakan pada sepeda motor.

Sebut saja, adanya tangki bahan bakar dengan bentuk klasik. Tangki itu bukanlah merupakan kompartemen untuk menyimpan bahan bakar, karena di dalamnya berisi perangkat elektronik pada sepeda listrik. Hadir pula jok bergaya cafe racer dengan buntut mirip ekor tawon sebagai ciri khas, dan hanya dapat ditumpangi satu orang saja. Karena berstatus listrik, tentu ramah lingkungan.

Baca juga:  Ini 5 Motor Keren di Ajang Indonesia Motorcycle Show 2014

Baterai sepeda terletak di bagian bawah. CR-T1 juga disebut memiliki jangkauan jelajah 31 mil, atau 50 km jika baterai terisi penuh. Pengecasan baterai secara penuh dapat dilakukan dengan waktu empat jam.

Motor 1.000 kW yang terbenam pada CR-T1 dapat memberikan dukungan kecepatan hingga 20 mph, atau 32 km per jam. Angka ini sesuai dengan peraturan sebuah sepeda listrik. Kendati demikian, limiter pada CR-T1 dapat diganti, jika Anda akan melakukan perjalanan off-road.

Sepeda listrik dengan lampu membulat dan setang rebah khas cafe racer ini memiliki bobot 75 pon, atau 34 kilogram. Untuk memilikinya, Tempus CR-T1 dijual dengan banderol US$2.965, atau setara Rp39,5 juta (kurs Rp13.336 per dolar AS). Sepeda ini akan dibangun di Kanada dan baru akan tersedia akhir tahun ini.

Baca juga:  4 Jam, 140 Orang Pesan Honda CBR150R

Di dalam negeri, sudah ada sepeda listrik ala cafe racer yang dijual. Beda dengan Tempus, yang ini namanya Italjet. Tidak terlihat berbeda jauh bahkan terbilang sama, harganya pun terbilang lebih murah, yaitu sekitar 50 jutaan dengan tiga pilihan model. Berikut ini spesifikasinya.

Spesifikasi Sepeda Listrik Cafe Racer Italjet
Spesifikasi Sepeda Listrik Cafe Racer Italjet

Jadi gimana, minat untuk membeli? Langsung aja ke TKP!

[Bukan ADV]