31.9 C
Jakarta
Sunday, June 23, 2019
Home Headline Status Gunung Merapi Meningkat Jadi Waspada

Status Gunung Merapi Meningkat Jadi Waspada

DimasBagus.web.id – Status Gunung Merapi di Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta ditingkatkan dari normal menjadi waspada.

Hal ini ditegaskan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Gatot Saptadi saat dihubungi VIVAnews, Rabu 30 April 2014.

“Berdasarkan rekomendasi dari Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta, pukul 23.50 WIB kami nyatakan status Merapi meningkat menjadi waspada,” kata Gatot.

Ia mengatakan, saat ini BPBD sudah berkoordinasi dengan pemerintah Kabupaten Sleman agar menyampaikan informasi peningkatan status Merapi kepada masyarakat.

“Dari sisi kebencanaan kami akan optimalkan semua kebutuhannya. Kami juga sudah berkoordinasi dengan Pemkab Sleman agar masyarakat meningkatkan mitigasi kebencanaannya,” jelas Gatot.

Sementara itu, Kepala BPPTK Yogyakarta, Subandriyo menjelaskan, meningkatnya status Gunung Merapi dikarenakan gempa low frequency (LF) yang sering terjadi.

“Ini mengindikasikan pergerakan fluida gas meningkat dan terdengar dentuman berkali-kali dari radius 8 kilometer. Naiknya status dilakukan untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat,” kata dia.

Menurut Subandriyo, untuk gempa saat ini berbeda dengan kondisi 2010. “Belum mengarah ke erupsi magmatis,” kata dia.

Jalur pendakian ditutup
Gatot Saptadi juga merekomendasikan agar jalur pendakian di Gunung Merapi untuk sementara ditutup. Selain itu, aktivitas galian atau pertambangan agar dikurangi, terutama yang jaraknya dekat dari Gunung Merapi.

“Masyarakat di sekitar Merapi juga akan segera dikondisikan mengenai status ini. Kami harap semua tetap tenang sambil tentunya tetap waspada,” kata dia.

Sumber: VIVA.co.id

Jika Hari Ini Pemilihan Presiden 2019, Anda Pilih Siapa?
  • Prabowo Subianto & Sandiaga Uno 50%, 124 votes
    124 votes 50%
    124 votes - 50% of all votes
  • Joko Widodo & Ma'Ruf Amin 50%, 122 votes
    122 votes 50%
    122 votes - 50% of all votes
Total Votes: 246
13/08/2018 - 26/04/2019
Voting is closed

Must Read

Cara Deteksi Kampas Kopling Rusak

Cara Mendeteksi Kerusakan Kopling Mobil Sebelum Terlambat

DimasBagus.com - Pasti diantara kita banyak yang lalai dalam mengendarai mobil dengan transmisi manual. Kelalaian yang dimaksud adalah dengan menginjak kopling setengah ketika mobil...