5 Tips Menyimpan Bahan Makanan Agar Lebih Tahan Lama

0
181
Strawberry - Tips Menyimpan Bahan Makanan
Strawberry - Tips Menyimpan Bahan Makanan

DimasBagus.com – Kita seringkali membeli bahan makanan dalam jumlah besar untuk persediaan selama beberapa hari atau seminggu. Tak jarang bahan makanan ini membusuk dalam beberapa hari sehingga harus dibuang. Ini disebabkan karena cara penyimpanan yang salah. Untuk mencegah hal seperti ini terjadi lagi, simak tips menyimpan bahan makanan berikut ini agar bahan makanan bisa lebih tahan lama.

Kentang - Tips Menyimpan Bahan Makanan
Kentang – Tips Menyimpan Bahan Makanan

1. Simpan kentang bersama buah apel

Tempatkan kentang dan buah apel dalam wadah yang sama. Ini mencegah tunas kentang tumbuh.

Baca juga:  Kisah Menarik Bek Timnas U-19 Korut yang Terkesima Melihat Smartphone

2. Cuci berry dengan cuka

Menurut situs Visualistan, buah-buahan berry bisa disimpan lebih lama jika dibilas dengan cuka. Cuka berfungsi sebagai disinfektan alami yang bisa membunuh bakteri pembusuk.

Siapkan campuran cuka dan air dengan perbandingan 1:3. Rendam buah berry dalam larutan tersebut. Kemudian keringkan dengan lap bersih. Dengan begitu buah berry bisa bertahan lebih lama.

3. Olesi keju dengan mentega

Keju tidak boleh disimpan di suhu ruangan karena mudah ditumbuhi jamur. Tetapi bahan makanan ini juga mudah mengering jika disimpan di dalam kulkas. Sebelum memasukkan keju ke lemari es, olesi permukaannya dengan mentega.

Baca juga:  Fakta-fakta menarik tentang Joe Taslim di film Fast and Furious 6

4. Simpan tomat dalam keadaan terbalik

Menurut situs Dr. Oz tomat lebih tahan lama jika tidak disimpan di kulkas. Tetapi pastikan meletakkannya dalam keadaan terbalik.

Lingkaran bekas tangkai tomat merupakan jalur masuknya udara. Dengan meletakkannya secara terbalik tomat tidak akan cepat membusuk.

5. Jangan cuci sayuran

Menurut situs Spark People, simpan sayuran seperti bayam, brokoli, dan wortel tanpa dicuci. Masukkan dalam kantong plastik, lalu letakkan di kulkas.

Baca juga:  Ini Daftar Mobil Keluarga yang Paling Dicari dan Terlaris di April 2014

Itulah cara menyimpan bahan makanan yang benar agar tidak cepat busuk.

Sumber: [wp_colorbox_media url=”http://www.merdeka.com/gaya/5-tips-menyimpan-bahan-makanan-agar-lebih-tahan-lama.html” type=”iframe” hyperlink=”Merdeka”]