7 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Smartphone

Beberapa hal sebelum membeli smartphone baru ini mungkin ada yang belum terpikirkan sama kamu.

0
61
Hal yang harus diperhatikan sebelum membeli smartphone baru
Hal yang harus diperhatikan sebelum membeli smartphone baru

DimasBagus.com – Hampir tiap bulan berbagai tipe baru meluncur dan hadir di pasaran. Masing-masing menawarkan fitur serta keunggulan yang kekinian. Untuk kamu yang sedang mencari , tujuh hal berikut ini mungkin perlu kamu perhatikan sebelum membeli agar tidak bingung dan kecewa nantinya.

1. Memori Internal

Memori internal atau media penyimpanan internal smartphone merupakan poin penting yang perlu diperhatikan. Walaupun nantinya media penyimpanan bisa menggunakan kartu memori atau SD Card, tetap saja ada beberapa aplikasi yang tetap harus berada di memori internal.

Permasalahannya, jika memori internal ini memiliki kapasitas yang kecil, maka ruang untuk menambah aplikasi-aplikasi baru juga cepat habis. Jika dipaksakan bukan tak mungkin kinerja smartphone juga akan terbebani, seperti lemot dan ngehang.

Agar lebih aman, setidaknya memori internal smartphone memiliki kapasitas minimum 8 sampai 16 Gigabyte. Ini diasumsikan kapasitas untuk sistem operasi 6GB sisanya media dan aplikasi-aplikasinya lainnya.

Baca juga:  VIDEO : Ditemukan di Indonesia, Spesies Hiu Bisa "Jalan"

2. Kecepatan Prosesor

Kecepatan prosesor atau CPU sangat berpengaruh terhadap kinerja dan kecepatan smartphone. Makin tinggi kecepatan prosesor serta makin banyak inti core pada smartphone maka bisa dipastikan performa smartphone untuk multitasking dan berbagai aktifitas sudah cukup mumpuni. Nah untuk mendapatkan kinerja yang cukup memuaskan, setidaknya kecepatan minimal 1.5Ghz lah yang dirasa pas.

3. RAM (Random Acces Memory)

RAM menjadi faktor penting berikutnya yang perlu diperhatikan sebelum . Bisa dibilang, RAM merupakan komponen pendukung kinerja prosesor agar lebih maksimal. Fungsi RAM yaitu menyimpan file cache dari semua aplikasi yang sedang berjalan. Jika aplikasi ditutup dan kemudian dibuka lagi, maka aplikasi akan diluncurkan dari RAM.

Semakin besar RAM yang dimiliki, maka smartphone akan dapat bekerja secara optimal untuk menjalankan aplikasi secara bersamaan. Nah, ukuran yang terbilang pas untuk kebutuhan menjalankan berbagai aplikasi setidaknya butuh RAM paling kecil 2GB.

Baca juga:  Bola Petir Berhasil Di Rekam Untuk Pertama Kalinya

4. Display

Tampilan layar ini juga tak boleh luput dari perhatian. Selain ukuran dan resolusi HD untuk menampilkan kualitas gambar, kerapatan pixel layar juga harus dicermati. Kerapatan pixel layar dihitung dalam satuan PPI (Pixel per Inch). Semakin besar jumlah pixel yang dimiliki, maka kualitas layar juga akan terlihat tajam dan jernih serta nyaman di mata.

5. Kamera

Saat ini banyak produsen smartphone menjadikan kamera sebagai salah satu senjata unggulannya. Ragam kamera yang ditanamkan juga macam-macam, ada yang satu kamera namun bisa diputar 360 derajat dan yang umum dua kamera, yaitu depan dan belakang.

Kamera pun memiliki banyak fitur, seperti profesional, slow motion, gesture shot, 120 degree, HDR, smile shot, panoramic dan lain sebagainya. Selain fitur, besaran resolusi kamera wajib diperhatikan. Semakin besar megapixel-nya maka gambar yang dihasilkan semakin baik.

6. Baterai

Memiliki baterai yang berkapasitas besar tentunya akan lebih tenang ketimbang yang berkapasitas kecil. Apalagi bagi orang yang memiliki tingkat mobilitas yang cukup tinggi. Sehingga perlu daya tahan yang lama untuk smartphonenya agar tetap hidup.

Baca juga:  Smartphone Murah Untuk Selfie Dari Sony Bisa 'Diajak' Selfie Di Tempat Gelap

Untuk smartphone dengan kelas menengah, kapasitas baterai di atas 3000mah sepertinya cocok bagi kamu yang memiliki aktifitas mobile.

7. Harga

Saat ini konsumen mulai cerdas dalam membeli suatu produk. Setelah kamu tahu spesifikasi seperti apa yang kamu butuhkan, tak ada salahnya bandingkan harga . Karena, masing-masing penjual bisa memiliki harga yang berbeda dan saling bersaing. Sehingga pastikan smartphone yang kamu beli tidak kelewat mahal dari harga pasaran.

Untuk sistem operasi (os) dan desain sengaja tidak saya masukan kedalam daftar poin yang harus diperhatikan sebelum membeli smartphone. Karena biasanya, bila enam poin di atas sudah terpenuhi, maka os juga mengikuti. Sedangkan desain adalah selera masing-masing.

Selamat membeli smartphone baru 🙂