DimasBagus.com – Seorang pendaki yang sedang beristirahat merekam aktivitas dan kegiatannya saat berada di . Namun tak disangka, ketika asik merekam, ia justru melihat meletus dengan mengeluarkan gumpalan asap tebal diiringi suara gemuruh.

Promo Perlengkapan Bayi

Gunung Merapi mengalami erupsi freatik pada Jumat pagi, 11 Mei 2018. Momen menakutkan terekam oleh seorang pendaki yang tampak tidak terlalu jauh dari kawah gunung tersebut.

Letusan terjadi pada pukul 07.43 WIB. Menurut BPPTKG, letusan freatik yang terjadi tidak terlalu berbahaya dan status aktivitas Merapi masih normal.

Baca juga:  Video: Peluncuran Rudal S-300 Gagal Total Sebelum Mengenai Targetnya

Namun, sebuah pemandangan menakutkan dialami oleh para pendaki. Terlihat dalam yang , tampak beberapa pendaki sedang beristirahat dan memasak.

Tiba-tiba terjadi letusan dan terlihat asap membumbung tinggi keluar dari kawah Gunung Merapi. “Erupsi,” teriak salah satu pendaki.

Terdengar beberapa pendaki langsung lari dari tempat tersebut sementara beberapa orang lain berlindung. Sampai saat ini, belum diketahui kondisi pendaki yang merekam video tersebut.

Berdasarkan laporan sementara terdapat sekitar 120 orang yang mendaki Gunung Merapi dan mendekati Pasar Bubrah. Menurut tim relawan Barameru Merapi, sudah ada beberapa yang meninggalkan base camp dan akan dilakukan penyisiran di jalur pendakian.

Baca juga:  Video : AH 64D Apache Longbow, Heli Serang Untuk Indonesia

Para pendaki Gunung Merapi dihimbau mengikuti rekomendasi dan tidak memaksakan diri mendekati puncak kawah.

Artikel ini sudah pernah tayang di VIVA.co.id pada 11/5/2018 dengan judul “Seorang Pendaki Rekam Detik-detik Meletusnya Gunung Merapi”.

Jika Hari Ini Pemilihan Presiden 2019, Anda Pilih Siapa?
  • Add your answer
Baca juga:  Formasi Perang Latihan Gabungan TNI 2014