Kecelakaan Hercules Selepas Landas di Medan Mirip Mandala 2005

0
510
Kecelakaan Pesawat Mandala Airlines 2005
Kecelakaan Pesawat Mandala Airlines 2005

DimasBagus.com – C-130 milik AU di Jl Jamin Ginting, Kota Medan, Sumatera Utara, kemarin siang mengingatkan publik pada pada 5 September 2005. Kedua pesawat nahas itu sama-sama jatuh sehabis lepas landas (take-off) di Lanud Soewondo, yang sebelumnya merupakan Bandara Internasional Polonia Medan.

Kecelakaan Mandala Airlines di Medan yang Jatuh di Jalan Raya Selepas Take Off
yang Jatuh di Jalan Raya Selepas Take Off

Bedanya, Mandala jatuh saat pesawat baru naik, sementara Hercules celaka 2 menit setelah lepas landas. Hal ini menyebabkan lokasi jatuhnya pesawat berjarak lebih dari 8 km, meski masih di wilayah Kota Medan, Sumatera Utara.

Baca juga:  7 Manfaat Susu Kambing untuk Tubuh
Kecelakaan Mandala Airlines 2005

Mandala yang berjenis Boeing 737-200 kala itu jatuh di Padang Bulan, Kecamatan Medan Baru, sementara Hercules terjerembab di Kecamatan Medan Tuntungan. Jalan Jamin Ginting yang banyak disebut media sebenarnya menghubungkan dua lokasi jatuhnya dua pesawat nahas itu.

Kecelakaan Mandala Airlines di Medan 2005
Kecelakaan Mandala Airlines di Medan 2005

Pada kecelakaan Mandala, 101 penumpang pesawat tewas termasuk Gubernur Sumut Tengku Rizal Nurdin, berikut 47 orang yang tertimpa pesawat di darat. Pesawat dengan nomor penerbangan RI 091 itu membawa 117 orang (112 penumpang dan 5 awak). 16 Penumpang selamat dari insiden pagi hari pukul 09.40 itu.

Baca juga:  Video Latihan HUT TNI ke 69
Proses Evakuasi Korban Pesawat Hercules Jatuh di Medan
Proses Evakuasi Korban Pesawat Hercules Jatuh di Medan

Evakuasi Korban Pesawat Hercules Jatuh di Medan

Sementara, untuk pesawat Hercules, semua kru dan penumpang yang berjumlah 113 orang diduga tewas. Hingga saat ini, proses evakuasi korban pesawat buatan AS pada 1961 itu masih terus dilakukan. Hingga pukul 06.45 pagi ini, sudah 141 kantong jenazah dibawa ke RS Adam Malik.

Penampakan Pesawat Hercules Jatuh di Medan
Penampakan Pesawat Hercules Jatuh di Medan

Pihak TNI AU juga belum mengetahui pasti penyebab kecelakaan Hercules, karena masih harus dilakukan penyelidikan. Sementara, berdasarkan hasil investigasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) atas kecelakaan Mandala, ditemukan kerusakan sehingga menyebabkan salah satu mesin pesawat tidak bertenaga.

Baca juga:  Penyanderaan di Sydney, PM Australia Gelar Pertemuan Khusus
Puing Pesawat Hercules Jatuh di Medan
Puing Pesawat Hercules Jatuh di Medan

Sebelum KNKT merilis hasil penyelidikannya, beredar isu bahwa Mandala jatuh karena kelebihan kapasitas akibat durian sebanyak 2 ton yang dibawa gubernur. Kabar itu cepat merebak karena memang banyak ditemukan durian di dekat puing-puing pesawat.

Sumber: [wp_colorbox_media url=”http://www.merdeka.com//kecelakaan-hercules-selepas-landas-di-medan-mirip-mandala-2005.html” type=”iframe” hyperlink=”Merdeka”]