Personel KJK 2015 Berfoto di KRI Banjarmasin Saat Melintasi Terusan Suez

0
295
KRI Banjarmasin 592
KRI Banjarmasin 592

DimasBagus.com – Melintasi Terusan Suez, Mesir, Satuan Tugas Kartika Jaya Krida (Satgas KJK) lakukan sesi foto bersama di Geladak Helli KRI Banjarmasin 592. Terusan atau kanal Suez terletak di sebelah barat Semenanjung Sinai sepanjang 163 KM, menghubungkan Laut Meditranian dan Laut Merah. Terusan Suez merupakan Choke Point dalam istilah geopolitik dan geostrategi.

Personel KJK Foto di KRI Banjarmasin Saat Melintasi Terusan Suez - JurnalMaritimDOTcom
Personel KJK Foto di KRI Banjarmasin Saat Melintasi Terusan Suez – JurnalMaritimDOTcom

Dansatgas KJK 2015 Kolonel Laut (P) Benny Sukandari menjelaskan foto sesi ini sekaligus memberi pendidikan kepada para Taruna bagaimana melintasi sebuah terusan.

Baca juga:  April 2016, 10 Tank Leopard 2 Revolution Indonesia Datang

“Pelau-pelaut kita sudah sering melintasi samudera, dan kita perlu coba menaklukan terusan-terusan penting yang ada di dunia, seperti Terusan Panama dan Suez ini. Menjadi kesempatan bagi para Taruna untuk mempelajari cara melintasi sebuah terusan yang memilki tingkat kesulitan tersendiri dan berbeda dibanding samudera,” ujar Dansatgas kepada Jurnal Maritim.

Terusan Suez yang dibangun pada 1870 ini memungkinkan pelayaran dari Eropa ke Asia dan sebaliknya dapat berlangsung jauh lebih singkat dan efisien. Tidak perlu mengelilingi Benua Afrika, melewati Tanjung Harapan, Afrika Selatan, yang membutuhkan waktu 3-5 minggu lebih lama.

Baca juga:  Ini Ciri-ciri Beras Plastik Yang Beredar di Indonesia

Pada Perang Dunia I, terusan ini sempat menjadi rebutan antara negara sekutu Perancis, Inggris dan Israel melawan Mesir. Setelah sempat dikuasai Israel selama beberapa waktu, Terusan Suez kembali dibawah kendali Pemerintah Mesir serta dibuka untuk perlintasan umum pada 1975. [FIRMANTO HANGGORO]

Sumber: [wp_colorbox_media url=”http://jurnalmaritim.com/2015/06/sesi-foto-saat-melintas-terusan-suez/” type=”iframe” hyperlink=”JurnalMaritim”]