Video: Su-24 Rusia Ditembak Jatuh F-16 Turki – Breaking News!

0
162
F-16 Turki Menembak Jatuh Su-24 Rusia
F-16 Turki Menembak Jatuh Su-24 Rusia

DimasBagus.com – Satu unit jet Sukhoi Su-24 Rusia ditembak jatuh di Provinsi Latakia, perbatasan Suriah, hari ini, Selasa (24/11. Menurut keterangan Kementerian Pertahanan Rusia, yang menembak jatuh pesawat tempur itu adalah F-16 militer Turki. Diduga kuat, ada miskoordinasi antara kedua negara, seperti dilansir Stasiun Televisi Russian Times.

Foto Su-24 Rusia Ditembak Jatuh F-16 Turki
Foto Su-24 Rusia Ditembak Jatuh F-16 Turki

Rusia beberapa kali dianggap melanggar wilayah udara Turki ketika menyerang basis pemberontak maupun ISIS di Suriah. Pemerintah Negeri Beruang Merah menepis kemungkinan pihaknya yang bersalah sehingga ditembak jatuh.

“Jet tempur kami terbang di ketinggian 6.000 meter untuk melakukan pengintaian dan selalu terbang di wilayah udara Suriah,” seperti dikutip dari keterangan tertulis Kemenhan Rusia.

Pada video yang beredar, maupun foto-foto di jejaring sosial, Su-24 itu terhantam rudal, kemudian meledak di udara. Pilot dilaporkan berhasil menyelamatkan diri sebelum jatuh.

Baca juga:  Desain Burger Unik dan Lezat di Seluruh Dunia, Mau?
F-16 Turki Menembak Jatuh Su-24 Rusia
F-16 Turki Menembak Jatuh Su-24 Rusia

Juru bicara militer Turki mengatakan pihaknya memang menjatuhkan pesawat tersebut. Alasannya Sukhoi itu diperingatkan hingga 10 kali telah melanggar wilayah udara mereka. Yang belum terkonfirmasi adalah, dengan apa Su-24 itu ditembak jatuh, apakah karena rudal pesawat F-16 Turki atau karena rudal antipesawat udara dari darat.

Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu menolak berkomentar soal detail jatuhnya pesawat jet Rusia. Namun dia mengatakan pihak-pihak berkepentingan kini akan membahas insiden itu bersama Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) dan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Ini adalah insiden udara kesekian kalinya setelah Rusia mulai menggempur Suriah demi membantu sekutunya, Presiden Basyar al-Assad.

Sebelumnya, Pemerintah Turki mengirim nota protes pada Negeri Beruang Merah, setelah satu pesawat tempur mereka melanggar batas wilayah pada Minggu (4/10).

Baca juga:  Foto: Serangan Udara AS ke ISIS di Suriah Tewaskan 'Sahabat' Al Qaeda

Jet itu disebut-sebut berusaha membombardir markas Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di wilayah utara Suriah, tapi malah memasuki teritori Turki, tepatnya daerah Yayladagi, provinsi Hatay. Angkatan Udara Turki berbekal satu unit pesawat F-16mengusir jet penyusup itu kembali ke Suriah. Insiden pencegatan jet tempur saat itu berakhir tanpa ada kontak senjata.

Menteri Luar Negeri Turki Feridun Sinirlioglu mengaku telah menghubungi Menlu Rusia Sergei Lavrov untuk mengeluhkan insiden ini. “Federasi Rusia harus bertanggung jawab untuk setiap insiden yang tidak diinginkan yang mungkin terjadi,” kata Kementerian Luar Negeri Turki.

Sumber: [wp_colorbox_media url=”http://www.merdeka.com/dunia/militer-turki-tembak-jatuh-jet-sukhoi-rusia-di-perbatasan-suriah-breaking-news.html” type=”iframe” hyperlink=”Merdeka.com”]

Su-24 Rusia Ditembak Jatuh F-16 Turki
Su-24 Rusia Ditembak Jatuh F-16 Turki

Ini Video F-16 Turki Tembak Jatuh Sukhoi Su-24 Rusia di Perbatasan Turki-Suriah

Tentara Turki menembak jatuh pesawat tempur Sukhoi Su-24 milik Rusia di perbatasan Suriah. Penembakan tersebut terpaksa dilakukan setelah jet tersebut diketahui berkali-kali melakukan pelanggaran dengan melintasi udara Turki.

Baca juga:  Inspirasi Trilyuner : Murdaya Poo, Berawal dari Menjual Koran

Jet tempur tersebut ditembak jatuh oleh pesawat F-16 milik Angkatan Udara Turki, Selasa (24/11) pagi waktu setempat. Para pilot F-16 disebutkan terpaksa menembak Su-24 karena berkali-kali mengabaikan peringatan. Pilot Su-24 sendiri berhasil menyelamatkan diri dengan menggunakan parasut sebelum pesawatnya menghujam ke darat.

Sebaliknya, Kementerian Pertahanan Rusia mengklaim pesawat tersebut masih berada di udara Suriah dan ditembak jatuh dari darat. Pesawat itu ditembak saat berada pada ketinggian 6 ribu meter.

Berikut video saat pesawat tempur Su-24 ditembak jatuh F-16 militer Turki:

Sumber: [wp_colorbox_media url=”http://www.merdeka.com/dunia/ini-video-turki-tembak-jatuh-sukhoi-su-24-rusia-di-perbatasan-suriah.html” type=”iframe” hyperlink=”Merdeka.com”]

Sumber lainnya: [wp_colorbox_media url=”http://mashable.com/2015/11/24/turkey-shoots-down-russia-jet/?utm_cid=mash-com-Tw-main-link#aiwBPnjSGaq1″ type=”iframe” hyperlink=”Mashable”]