1 Dari 5 Keahlian Ini Bisa Bikin Kamu Jadi Pengusaha Online

Mana yang paling sesuai dengan keahlian kamu di digital?

0
74
Jadi Pengusaha Online - (Src: TheWeblistersDOTcom)
Jadi Pengusaha Online - (Src: TheWeblistersDOTcom)

DimasBagus.com – Perkembangan dunia digital yang kian pesat membuat setiap orang mau tak mau tetap harus mengikutinya. Dimulai dari bermain sosial media sampai ngeblog/vlog. Tahu nggak sih, jika kamu bisa fokus 1 saja dari 5 keahlian ini, kamu bisa jadi pengusaha online.

Kok langsung jadi pengusaha online? Sebenernya nggak langsung, tapi jika kamu bisa fokus dan mengenal pasar, tidak hanya penghasilan dari online saja yang bisa kamu dapat, tapi malah jadi pengusaha online.

Ini daftar keahlian yang bisa kamu pelajari untuk jadi pengusaha online.

1. Bikin Website

Jasa Bikin Website - (Src: thewildbloggerDOTcom)
Jasa Bikin Website – (Src: thewildbloggerDOTcom)

Tidak seperti sepuluh tahun yang lalu, di mana membuat website harus memiliki keahlian yang dipelajari dengan amat mendalam dan jelimet kalo kata orang jawa. Sekarang ada wordpress yang makin cihuy dan mudah untuk di custom.

WordPress sebenarnya sudah cukup lama lahir di dunia maya, yaitu tahun 2001. Namun WordPress baru terkenal pada tahun 2008an. Saat itu masih sebatas untuk ngeblog.Tak hanya WordPress sebagai engine website yang mudah dioperasikan, engine CMS lain juga banyak seperti prestashop, drupal dan Joomla.

Seiring waktu perkembangan engine website seperti WordPress tidak hanya digunakan untuk ngeblog saja, tapi sudah berkembang menjadi portal berita, toko online (e-commerce), company profile dan lain sebagainya.

Perlu kalian ketahui, semudah-mudahnya membuat website dengan script auto installer, tetap saja banyak orang awam yang tidak tahu cara membuat website dengan semudah kedipan mata ini. Nah, peluang inilah yang harus kamu lihat. Kamu bisa belajar membuat website dengan fokus dan mulailah promosikan jasa pembuatan website kamu jika kamu sudah siap.

Baca juga:  Selamat Datang 2 Tank Leopard 2A4 & 2 Tank Marder Indonesia

2. Desainer Website

Web Desainer - (Src: creativeagencytalkDOTcom)
Web Desainer – (Src: creativeagencytalkDOTcom)

Programmer web tak bisa hidup tanpa desainer web, seperti itulah kira-kira pepatah asal yang saya buat dan menurut saya sendiri hehe. Dalam dunia digital, seorang web programmer selalu berkoordinasi dengan web desain untuk dapat menghasilkan website yang kece badai.

Mendesain web tidaklah mudah, paling tidak satu tools harus dikuasai untuk bisa membuat desain web. Bicara desain web, seorang desainer web haruslah memiliki jiwa seni. Ini berkaitan dengan tampilan website yang ia buat. Perpaduan warna, layering, slicing, ux/ui dan lain sebagainya.

Lalu gimana caranya menjadi pengusaha online dari profesi web design? Jika kamu merasa sudah mahir membuat desain web, kamu bisa menjualnya di situs-situs penjual template/themes website seperti theme forest, template monster dan lainnya.

Selain itu kamu juga bisa promosiin melalui situs milikmu sendiri. Tampilkan berbagai desain website yang menarik yang sudah kamu buat di website kamu, kemudian promosikan.

3. Pengusaha Online Paling Trend, Digital Ads Engineer

Digital Ads Engineer - (Src: marketinglanddotcom)
Digital Ads Engineer – (Src: marketinglanddotcom)

Facebook, Google, Instagram, Twitter adalah nama-nama yang nggak asing bagi kamu. Pastinya kamu juga memainkan produk-produk mereka kan. Sebut saja Facebook, pernah nggak ketika kamu bermain facebook ada postingan di timeline yang memiliki keterangan sponsored? Kemudian, ketika kamu sedang browsing di Google pasti pernah dong melihat hasil pencarian yang ada keterangan Ad nya?

Itu adalah iklan yang bersliweran di dunia digital. Bisa di social media, website, email bahkan di apps hape kamu. Iklan tersebut memiliki teknologi loh. Seperti remarketing/retargeting, install apps, call, play video dan lainnya. Keren kan?

Baca juga:  Ujicoba BTR-4 Ukraina dan Kelanjutan Pesanan Indonesia

Untuk menghasilkan iklan seperti itu ada orang khusus yang mengerjakannya dan tidak sembarangan. Orang ini biasa disebut sebagai digital ads engineer. Mereka bertanggung jawab untuk men-setup iklan yang akan ditayangkan. Seperti, lokasi tayang, target bahasa, usia, hobi, minat dan lainnya.

Pekerjan digital ads engineer banyak ditemui di perkantoran digital agency. Namun, pekerjaan digital ads engineer ini juga bisa dilakukan sendiri loh. Artinya kamu bisa punya penghasilan sendiri bahkan jadi pengusaha. Lalu dari mana mulainya?

Bagi kamu yang baru tahu, kamu harus pelajari terlebih dahulu seputar iklan digital ini, baru kemudian mengambil sertifikasi. Setelah mendapatkan sertifikasi, promosiin deh diri kamu, misal jasa iklan google, jasa iklan facebook dan lain sebagainya. Mantab!

4. Social Media Heroes

Social Media Heroes - (Src: marketinglanddotcom)
Social Media Heroes – (Src: marketinglanddotcom)

Jangan cuma ngeposting postingan nggak jelas di sosmed, tapi kamu juga harus belajar bagaimana cara menggunakan sosmed yang baik dan menghasilkan.

“Selamat makan”, “panas euy siang ini”, “lagi kumpul ni udah seabad nggak ketemu”, daripada terus-terusan ngeposting yang seperti itu, kenapa nggak coba belajar memposting suatu yang bermanfaat bagi orang lain? Seperti tips, d.i.y, cerita menarik, gambar menarik, video menarik, posting interaktif. Jauh lebih bermanfaat bukan?

Di media online, inilah yang dikejar oleh sosmed heroes, yaitu bagaimana caranya untuk mendapatkan engagement yang kuat dengan follower. Seorang social media heroes juga harus mengenal karakter audiencenya, apa yang disuka, apa yang tidak disuka, jam sibuk, jam sepi dan cara berkomunikasi.

Baca juga:  10 Tools Membuat Infografis Gratis Untuk Orang Awam

Yuk mulai ubah cara kamu bermain sosial media agar kamu juga bisa punya penghasilan. Lumayan kan buat uang jajan tambahan hehe. Oiya, kalau kamu terbukti bisa membangun engagement yang kuat, kamu bisa tuh menawarkan jasa somed heroes, bahkan bangun usaha sosmed heroes. Behhh, muanteb.

5. Content Production

Content Production - (Src cohlabDOTcom)
Content Production – (Src cohlabDOTcom)

Bicara website, social media, email, video semuanya terkait dengan yang namanya content. Bayangkan kalau website tidak ada content? Social media tidak ada content? video tidak ada content? Lucu kan? hahaha.

Lalu, yang terpenting adalah bagaimana cara membuat konten yang menarik dan menghasilkan action bagi audiencenya. Nah, untuk membuat content yang menarik lagi-lagi tidaklah mudah. Bisa dibilang sulitttttt. Kalau konten asal si bisa-lah, tapi kalau content yang berbobot pastinya harus ditentukan, topiknya/temanya, judulnya, isinya, topik terkaitnya dan mengetahui topik apa yang disuka audience.

Untuk content writer misalnya, jika kamu sudah mengetahui strategi konten yang menarik untuk audience, kamu bisa tuh menjual keahlian kamu sebagai jasa content marketing. Sama halnya dengan vlog, meskipun beda bentuk, yaitu video. Tetap saja ini suatu cara yang bisa dioptimalkan untuk mendapatkan penghasilan dari online.

So, gimana? Kalau kamu sudah siap dan yakin akan keahlian kamu, kamu bisa memulai mendapatkan penghasilan yang kecil-kecil dulu. Baru, setelah semuanya dirasa ada modal, bangunlah suatu bidang jasa yang sesuai dengan keahlian kamu tadi. Sukur-sukur kamu menguasai lima keahlian diatas. Kamu bisa membangun digital agency di kotamu lho. Coollll.