7 Tips dan Cara Membersihkan Botol Susu Bayi agar Bebas Bakteri

Kebersihan merupakan hal yang terpenting untuk si kecil, terlebih untuk botol susu

0
44
Tips dan Cara Membersihkan Botol Susu Bayi - Image Source BlibliDOTcom
Tips dan Cara Membersihkan Botol Susu Bayi - Image Source BlibliDOTcom

DimasBagus.com – Botol susu bayi merupakan salah satu perlengkapan yang vital untuk si Kecil. Salah satu botol susu bayi yang berkualitas adalah merek Piegeon.

Dalam menjaga kebersihan, perlu kita ketahui cara membersihkan botol susu bayi dan tidak boleh sembarangan. Berikut tips membersihkan botol susu bayi agar bebas bakteri.

1. Cuci Tangan Sebelum Membersihkan Botol Susu

Penting untuk Anda memastikan bahwa tangan Anda bersih sebelum menyentuh atau membersihkan botol susu. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya bakteri jahat yang menempel pada botol susu. Sebaiknya cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 hingga 40 detik. Gosok sela-sela jari, permukaan, dan telapak tangan hingga bersih.

2. Pisahkan Botol

Sebelum mencuci botol susu, pisahkan botol, dot, dan tutup botol. Kemudian bilas dengan air bersih. Cara ini dilakukan agar botol mudah dibersihkan hingga ke sela-sela yang sulit terjangkau sehingga terhindar dari kuman dan bakteri.

3. Rendam Botol

Setelah dipisahkan dan disiram dengan air mengalir, langkah berikutnya ialah merendam bagian-bagian botol tersebut dengan baskom berisi air hangat beserta sabun. Setelah dibersihkan, hindari meletakan botol di wastafel agar tidak terkontaminasi dengan kuman dan bakteri.

4. Disikat

Setelah direndam dengan sabun, sikat seluruh bagian botol hingga ke sela-sela terpencil. Saat membersihkan botol, Anda bisa mengalirkan air ke dalam botol agar botol susu benar-benar bersih sebelum digunakan.

5. Keringkan

Diamkan botol susu hingga kering dengan sendirinya, atau bisa menggunakan tisu untuk mengeringkannya jika segera ingin digunakan. Namun, jangan mengeringkan botol dengan kain lap, ya. Karena kemungkinan bakteri dan debu yang ada pada kain lap akan menempel pada botol.

6. Membersihkan Botol dengan Mesin

Jika Anda memiliki mesin pencuci, Anda juga bisa menggunakannya sebagai alternatif mencuci botol susu bayi. Caranya hampir sama yakni pisahkan botol menjadi beberapa bagian kemudian bilas bagian-bagian botol yang sudah terpisah menggunakan air bersih dan mengalir.

Selanjutnya, masukan semua bagian-bagian botol tersebut ke dalam mesin pencuci. Untuk hasil yang maksimal dan lebih bersih, Anda bisa mengisi air di mesin pencuci dengan air hangat agar kuman mati. Saat sudah selesai dicuci, keluarkan botol susu kemudian keringkan menggunakan tisu atau handuk kering bebas debu.

7. Sterilkan Botol Susu

Langkah berikutnya ialah mensterilkan botol susu dengan cara merebus botol susu ke dalam panci berisi air panas tapi tidak mendidih. Pisahkan antara botol, dot dan tutup botol kemudian rendam hingga seluruh bagiannya tertutup air panas.

Lakukan selama lima menit untuk melepaskan zat-zat kimia bekas sabun cuci piring yang menempel pada botol, sekaligus menghilangkan kuman dan bakteri.

Bagi Anda yang sedang mencari botol susu dengan kualitas terbaik dan dibuat dari bahan-bahan yang aman, Anda bisa mengunjungi website Orami dan belanja botol Pigeon, yakni merek perlengkapan bayi yang terbukti kualitasnya.

Perlengkapan bayi merek Pigeon sedang diskon hingga 10% dan tentunya penawaran menarik ini tak boleh dilewatkan.