Hari Minggu: Dulu Paling Ditunggu, Kini Bikin Jemu

0
820
Hari Minggu dulu yang ditunggu
Hari Minggu dulu yang ditunggu

DimasBagus.com – Akhir pekan, terutama Hari Minggu adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu, baik oleh pelajar, anak kuliahan, hingga para pekerja. Pasalnya, setelah seminggu berperang melawan penat membasuh keringat di kantor maupun sekolah masing-masing.

Meme Jadwal Acara Kartun Hari Minggu
Meme Jadwal Acara Kartun Hari Minggu

Masing-masing orang punya cara berbeda dalam menghabiskan waktunya di Hari Minggu. Di saat ada yang suka berlibur ke tempat wisata, ada pula yang memilih hangout bareng temen, di rumah nonton televisi, maupun tidur seharian di kamar.

Nah, bagi sebagian besar anak-anak dan muda-mudi generasi 90s, dulunya jawaban mereka pasti hampir sama. Yup, mereka cenderung lebih suka nongkrong di depan televisi masing-masing sedari pagi hingga siang, nonton kartun favorit secara maraton.

Jika kalian masih ingat, hampir seluruh stasiun televisi Indonesia, sebut saja Indosiar, RCTI, Global TV, hingga SCTV selalu berlomba-lomba untuk menayangkan kartun-kartun terbaik. Beberapa judul populer yang hingga kini pastinya masih segar di ingatan adalah Dragon Ball, Doraemon, Crayon Shinchan, P-Man, Detective Conan dan banyak lainnya.

Baca juga:  Zhang Xin Mantan Buruh Kini Jadi Wanita Terkaya di China
Crayon Shinchan
Crayon Shinchan

Beberapa judul di atas ditayangkan pada stasiun TV yang berbeda-beda dan di jadwal yang berbeda juga sehingga anak-anak bisa menyaksikannya secara berurutan. Kegalauan terbesar baru terjadi saat ada dua judul favorit yang tayang di jam sama, apalagi di episode itu ada cerita krusial yang sudah kita tunggu-tunggu selama seminggu lamanya.

Bahkan hari Senin yang biasanya dikenal sebagai momok para pekerja dan pelajar kala itu sedikit tidak berlaku untuk anak-anak generasi 90s. Kenapa? Karena mereka yang sudah nonton kartun favorit di Hari Minggu pasti tak sabar untuk bertemu teman-temannya dan saling bertukar cerita mengenai apa yang mereka saksikan.

Nah, entah sejak kapan, sekarang aktivitas nonton televisi di Hari Minggu sudah bukan lagi hal yang paling ditunggu-tunggu. Meski masih ada beberapa film kartun yang tayang, namun kini jumlahnya merosot drastis.

Baca juga:  Netizen Protes, 9GAG Tidak Menyertakan Indomie dalam Daftar 10 Mie Instant Paling Enak di Dunia Tahun 2017
Meme Indosiar
Meme Indosiar

Sejumlah stasiun TV saat ini lebih suka menayangkan program talkshow, game, maupun musik di hari Minggu, seperti contohnya Dahsyat, Inboxd dan sejenisnya. Padahal seperti diketahui, acara-acara itu sudah dapat jatah untuk tayang setiap hari.

Parahnya lagi, acara-acara di atas mengajarkan banyak hal yang tak seharusnya ditonton anak-anak. Sebut saja, guyonan mereka sering kali sangat kasar, bernada menghina dan sejenisnya. Lagipula jumlah host yang biasanya antara 5 orang ke atas dirasa sangat tidak berfungsi dan berisik. Pada akhirnya mereka lebih sering bercanda sendiri secara tidak jelas.

Tak jarang program-program di atas ditegur oleh KPI karena dilaporkan oleh pemirsa dengan berbagai laporan. Namun tetap saja, mereka mengulangi kesalahan serupa lagi dan lagi, seakan tak pernah terjadi apa-apa sebelumnya. Lalu apa tindakan KPI? Sekedar melepas surat peringatan lagi dan lagi.

Gara-gara pergantian program televisi yang cukup drastis inilah akhirnya kini Hari Minggu bukan lagi hal yang ditunggu-tunggu untuk menonton TV. Yang ada, setiap menyalakan TV, sebagian besar anak 90s pasti merasa gerah dan ingin mengumpat gara-gara apa yang mereka saksikan.

Baca juga:  Satpol PP Cantik Nurul Habibah Ternyata Foto Model?

Belum cukup dengan itu, satu hal lain yang bikin naik darah juga baru saja terjadi. Dragon Ball, salah satu tayangan kartun masa lalu yang hingga beberapa waktu lalu masih tayang, kini secara resmi dihentikan oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Meme Dragon Ball
Meme Dragon Ball

Alasannya, KPI merasa Dragon Ball sarat dengan kekerasan dan dikhawatirkan bakal ditirukan oleh anak-anak yang melihatnya. Tentu saja kabar itu langsung membuat netizen shock dan geleng-geleng kepala tak habis pikir. Bagaimana bisa kartun yang sudah menemani kita tumbuh besar dihentikan dan sinetron-sinetron Indonesia terkini dibiarkan begitu saja?

Anyway, apa pendapat kalian mengenai fenomena ini? Apa tayangan TV yang hingga kini masih kalian tunggu tiap Minggu-nya (kalau ada)? Tulis komentarmu ya!

Sumber: [wp_colorbox_media url=”http://www.kapanlagi.com/showbiz/film/indonesia/hari-minggu-dulu-paling-ditunggu-kini-bikin-jemu-9fbc84.html” type=”iframe” hyperlink=”Guntur –¬†Kapanlagi.com”]