Cara Perpanjang SIM Online

Sudah dicek kapan masa berlaku SIM kamu habis?

0
302

Persyaratan perpanjangan SIM online

Untuk pengajuan perpanjang SIM Online, persyaratannya tidak berbeda jauh dengan cara biasa. Berikut persyaratan administrasinya:

  1. Mengisikan formulir pengajuan perpanjangan SIM
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli setempat yang masih berlaku bagi Warga Negara Indonesia, Kitas atau dokumen keimigrasian bagi Warga Negara Asing
  3. SIM lama
  4. surat keterangan lulus uji keterampilan Simulator
  5. surat keterangan kesehatan mata

Berapa biaya perpanjangan SIM online?

Walau pendaftaraannya dilakukan secara online, bukan berarti proses perpanjangan SIM online adalah Gratis. Berikut adalah biaya yang akan dikenakan untuk perpanjang SIM Online berdasarkan kategorinya:

  1. Untuk SIM A (mobil), biaya perpanjangan sebesar Rp 80.000
  2. Untuk SIM C (motor), biaya perpanjangan sebesar Rp 75.000
  3. Biaya asuransi kecelakaan sebesar Rp 30.000 (tidak wajib)

Kapan waktu perpanjangan SIM?

Berdasarkan dari Korlantas Polri, batas waktu perpanjangan SIM adalah 14 hari sebelum tanggal tanggal habis masa berlaku SIM hingga 3 bulan setelah masa berlaku SIM habis. Jadi Anda masih dapat memperpanjang SIM, walau masa berlaku telah habis.

Selama tidak melewati tenggang waktu 3 bulan tersebut. Apabila telah melewati 3 bulan dari tanggal habis masa berlaku SIM, maka Anda perlu membuat SIM baru dengan prosedur pembuatan baru.

Lakukan perpanjangan SIM Online Anda

Setelah mengetahui syarat dan prosedurnya, kini sudah saatnya Anda mencoba untuk memperpanjang SIM Anda secara online. Proses perpanjangan masa berlaku SIM dulunya sering menjadi hal yang merepotkan dan memakan waktu lama.

Namun dengan layanan SIM online ini, Anda dapat melakukan perpanjangan SIM dengan lebih mudah dan praktis. Selalu pelajari terlebih dahulu prosedurnya dan pastikan Anda mempersiapkan semua persyaratan yang dibutuhkan agar proses perpanjangan SIM online lancar.

* Kerja sama dengan AturDuit Cara Perpanjang SIM Online.