26.3 C
Jakarta
Friday, October 18, 2019
Home News Otomotif Dapatkan Mobil Bekas Anda dengan Down Payment Sebesar Rp 0

Dapatkan Mobil Bekas Anda dengan Down Payment Sebesar Rp 0

Cek dahulu perhitungannya kemudian lakukan simulasi.

Pertimbangan Penting Sebelum Mengambil Kredit Mobil Bekas Tanpa DP

Sebelum memutuskan untuk mengambil kredit mobil bekas tanpa DP, ada beberapa pertimbangan yang patut Anda perhatikan.

  • Jika Anda memilih untuk tidak membayar uang muka, pastikan Anda mampu untuk membayar angsurannya.

Tidak ada DP memang dapat meringankan beban pengeluaran di saat awal, tetapi dengan tidak adanya DP berarti jumlah pinjaman kredit mobil sama dengan 100% dari harga mobil. Sehingga jumlah angsuran yang perlu dibayarkan setiap bulannya akan lebih tinggi daripada kredit mobil bekas dengan DP. Sebagai contoh:

Contoh Kredit Mobil
Contoh Kredit Mobil

Seperti contoh tersebut angsuran per bulan untuk kredit mobil bekas tanpa DP akan lebih tinggi dibandingkan dengan DP. Jadi jangan terlalu memaksakan jika ternyata jumlah angsuran per bulan terlalu tinggi.

Pastikan selalu jumlah angsuran dalam kemampuan keuangan Anda untuk membayarnya.Karena cukup banyak kejadian dimana mobil debitur ditarik perusahaan leasing karena ketidaksanggupan membayar angsuran.

Solusi terbaik bila mengetahui jumlah angsuran kredit mobil diatas kemampuan Anda adalah untuk menambahkan DP atau mencari harga mobil yang lebih murah.

Pastikan juga Anda memeriksa terlebih dahulu simulasi kredit mobil untuk mengetahui jumlah angsuran per bulannya.Agar Anda dapat memperkirakan apakah angsuran kredit mobil bekas masih dalam jangkauan kemampuan keuangan bulanan.

  • Rugi bila menjual mobil dalam waktu singkat.

Bayangkan situasi ini, Anda membeli sebuah mobil, sesaat Anda mengemudikannya keluar dari show room, harga jual mobil tersebut akan jatuh setidaknya 20%. Dengan kata lain, mobil Anda berharga 20% lebih rendah dari harga yang Anda bayar.

Jika setelah mengemudi mobil tersebut dalam beberapa bulan dan Anda merasa ingin menjualnya.Anda kemungkinan besar dapat menjualnya dengan harga jual 80% dari harga asli mobil itu, karena mobil telah mengalami depresiasi.

Bila Anda membeli mobil bekas tanpa uang muka, maka menjual mobil tersebut akan mengakibatkan 20% dari pinjaman Anda tidak terbayar karena harga jual mobil yang 80% dari harga asli mobil.

Sedangkan pinjaman sama dengan 100% dari harga asli mobil. Oleh sebab itu, membeli mobil dengan DP terkadang ada baiknya dengan tanpa DP sama sekali, untuk mengantisipasi depresiasi dari harga jual mobil.

Jika Hari Ini Pemilihan Presiden 2019, Anda Pilih Siapa?
  • Prabowo Subianto & Sandiaga Uno 50%, 124 votes
    124 votes 50%
    124 votes - 50% of all votes
  • Joko Widodo & Ma'Ruf Amin 50%, 122 votes
    122 votes 50%
    122 votes - 50% of all votes
Total Votes: 246
13/08/2018 - 26/04/2019
Voting is closed

Must Read

Drone Buatan Cina CH-4B dengan Kemampuan Serang - Sumber Gambar TheDriveDOTcom

Makin Gahar! Indonesia Punya Drone Berkemampuan Intai, Tembak dan Pengebom, UCAV?

DimasBagus.com - Belum lama ini kabarnya drone pesanan Indonesia sudah tiba. Namun, info yang beredar masih belum jelas apakah drone tersebut hanya intai atau...