Dapatkan Mobil Bekas Anda dengan Down Payment Sebesar Rp 0

Cek dahulu perhitungannya kemudian lakukan simulasi.

0
238

Bagaimana Cara Mendapatkan Kredit Mobil Bekas Tanpa DP?

Untuk mendapatkan kredit mobil bekas tanpa uang muka yang teramah di saku Anda, perhatikan beberapa tips dan langkah penting berikut.

1. Pilih Mobil Bekas Langsung dari Sang Pemakai Jika Memungkinkan

Alasan utama Anda memilih mengambil kredit mobil bekas tanpa uang muka adalah menghemat pengeluaran. Mencari mobil langsung dari sang pemakai merupakan salah satu jalan untuk meminimalisasi pengeluaran.

Walau akan membutuhkan sedikit usaha, dengan cara ini Anda dapat menikmati harga di bawah harga pasaran mobil bekas pada umumnya.

Harga mobil dari pedagang mobil atau showroom mobil bekas umumnya lebih tinggi dari harga yang diterapkan si penjual. Hal ini sudah pasti, karena pihak perantara seperti pedagang mobil akan mengambil keuntungan dari selisih harga beli dan harga jual.

Walau tidak semua penjual pasti akan menjual dengan harga rendah. Terkadang sebagian penjual menjual dengan harga yang cukup tinggi juga dari pasaran.Hal ini tergantung pada motif dari si penjual.

Apabila si penjual lagi membutuhkan dana dan terburu-buru ingin mejual mobilnya, situasi inilah yang umum dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan mobil bekas harga murah.

Untuk cara mendapatkan mobil langsung dari pemakainya, Anda dapat mencari informasi dari teman, kenalan yang ingin menjual mobil, ataupun melalui iklan individual yang dipasang di koran atau website.

2. Cari Leasing Mobil Bekas Yang Terpercaya

Setelah menentukan pilihan mobil dan setuju dengan harganya, tahap berikutnya adalah mencari lembaga pembiayaan yang dapat memberikan kredit mobil.

Dalam proses pencarian ini, pastikan Anda memilih perusahaan leasing yang terpercaya dan memiliki nama dalam proses kredit mobil bekas.

Sebagai contohnya Sinarmas Multifinance, Indomobil Finance, Astra Credit Companies, dan Adira Kredit Mobil. Hal ini untuk menghindari dari proses mendapatkan kredit yang rumit dan suku bunga yang tidak menentu ataupun penipuan.

Jika Anda telah memiliki kenalan dari pihak leasing, hal ini dapat sangat membantu Anda untuk mendapatkan kredit mobil bekas tanpa DP. Sebagian perusahaan leasing memberikan langsung program tanpa DP.

Akan tetapi, Jika program ini tidak tersedia maka Anda dapat bekerjasama dengan pihak leasing untuk meningkatkan harga mobil tersebut. Sehingga nilai pinjaman yang diterima akan mencakupi harga penuh dari mobil bekas tersebut.

Sebagai contoh, Anda ingin membeli mobil dengan harga Rp 70.000.000. Kemudian Anda ingin mengambil kredit mobil 100% dari harga tersebut tanpa DP sama sekali.

Sedangkan, perusahaan leasing mengharuskan Anda untuk meletakan DP sebesar 20% dari harga mobil, dengan kata lain Rp 14.000.000. Untuk menutupi DP ini, bekerjasamalah dengan kenalan dealer Anda di leasing tersebut untuk meningkatkan harga mobil menjadi Rp 87.500.000 di aplikasi pengajuan.

Hal ini akan mengakibatkan perusahaan leasing memberikan kredit 80% dari harga mobil Rp 87.500.000 sehingga Anda mendapatkan Rp 70.000.000. Dengan demikian, Anda dapat menutupi harga mobil secara penuh tanpa mengeluarkan DP ke penjual mobil.

Jika Anda tidak memiliki kenalan, maka Anda masih dapat menggunakan cara penjamin. Anda akan membutuhkan anggota keluarga atau teman dengan catatan kredit atau keuangan yang kuat untuk menjadi penjamin.

Jadi siapapun yang Anda pilih sebagai penjamin, akan menerima tanggung jawab untuk pembayaran kredit mobil juga. Sehingga apabila Anda tidak mampu membayar angsuran maka konsekuensinya akan dikenakan kepada penjamin dan Anda.

Menggunakan cara penjamin ini akan membuat pihak leasing lebih yakin untuk memberikan Anda pinjaman jumlah lebih tinggi ataupun tanpa DP. Karena resiko untuk pihak leasing akan lebih rendah.

3. Ajukan Aplikasi Kredit Mobil Bekas

Setelah Anda menemukan pilihan leasing dan mobil, tahap selanjutnya tentunya mengajukan aplikasi kredit mobil di pihak leasing tersebut. Proses pengajuan aplikasi pinjaman mobil bekas tidaklah sulit. Berikut langkah dan persyaratan yang harus dipenuhi.

Persyaratan dokumen aplikasi kredit mobil bekas:
– Fotokopi kartu identitas (KTP)
– Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
– Fotokopi keterangan penghasilan / Slip gaji
– Fotokopi SIUP & NPWP untuk wiraswasta
– Fotokopi tabungan atau rekening koran 3 bulan terakhir
– Fotokopi PBB atau Bukti Rekening Listrik / PDAM

Langkah pengajuan kredit mobil bekas:
– Siapkan persyaratan dokumen
– Kunjungi pihak leasing pilihan
– Isikan formulir aplikasi dan serahkan persyaratan dokumen
– Pihak leasing akan memproses dalam 3 hingga 5 hari
– Jika pihak leasing menyetujuinya maka Anda akan menerima kontrak kredit mobil dan penjual mobil akan dibayar oleh pihak leasing.

Setelah mendapatkan kredit mobil bekas tersebut, Anda dapat memulai membayar angsuran di tanggal yang ditentukan di kontrak kredit mobil.

Jika Hari Ini Pemilihan Presiden 2019, Anda Pilih Siapa?
  • Prabowo Subianto & Sandiaga Uno 50%, 124 votes
    124 votes 50%
    124 votes - 50% of all votes
  • Joko Widodo & Ma'Ruf Amin 50%, 122 votes
    122 votes 50%
    122 votes - 50% of all votes
Total Votes: 246
13/08/2018 - 26/04/2019
Voting is closed