DimasBagus.com –¬† dan bersifat freatik pada Jum’at (11/5) pagi. Dalam salah satu laporannya melalui akun twitter @infomitigasi, letusan freatik merupakan sesuatu yang wajar pada sebuah gunung berapi. Oleh karena itu, BPPTG meminta agar masyarakat tidak perlu khawatir. Berikut petikan akun mereka :

Promo Perlengkapan Bayi

“KONDISI #MERAPI AMAN DAN NORMAL, letupan yang baru saja terjadi merupakan letupan freatik. Kondisi tersebut adalah normal pada sebuah gunung berapi. Pantauan sesimogram aman normal. Masyarakat diharap tetap tenang dan beraktifitas seperti biasa,”

Baca juga:  Viral Slip Gaji Guru Honorer Di Sosmed, Upah Sebulan Cuma 35 Ribu, Sangat Memprihatinkan

Menurut BPPTKG, beberapa menit sebelumnya, BPPTKG juga masih mencatat aktivitas yang normal di Merapi. “Visual kawah #merapi pagi ini teramati asap putih tebal tekanan lemah. Status aktivitas normal,”tulis BPPTKG.

Meskipun sempat dirasakan getaran warga, tetapi status tersbeut masih normal.

Artikel ini sudah pernah tayang di Kumparan.com dengan judul “Erupsi Freatik Normal untuk Gunung Berapi”. Baca selengkapnya!

, Suasana di Kota Tetap Normal

Meletusnya Gunung Merapi pada Jumat (11/5) hari ini sekitar pukul 07.45 WIB masih tergolong aman dan normal. Hal itu dijelaskan oleh BPBD Magelang. Suasana yang kondusif itu juga ditunjukkan oleh warga yang tinggal di Kota Yogyakarta. Sejumlah warga, tetap melakukan aktivitasnya seperti biasa.

Baca juga:  Video Kapten Kapal Feri Sewol Lari Saat Kapal Mulai Miring

Tak hanya itu, abu dan debu vulkanik imbas letusan gunung itu juga tak sampai ke Kota Yogyakarta. Dari pantauan kumparan (kumparan.com), jalanan di Kota Yogyakarta bebas dari abu dan debu vulkanik.

BPBD Magelang menjelaskan, letusan yang terjadi merupakan letupan freatik. Kondisi tersebut normal pada sebuah gunung berapi.
Warga juga diimbau untuk tak panik dengan kejadian tersebut. Bila ada perkembangan informasi, pihaknya akan segera menyampaikan.

Baca juga:  20 Trik Tipuan Kamera yang Unik dan Wajib Kamu Coba

“Jika terpaksa mengungsi, silakan mengungsi ke tempat yang sudah disediakan dan tetap tenang, sambil menunggu update informasi dari petugas,” tulisnya.